Longsor Ancam Pasokan Air Di Cilawu, Tirta Intan Garut Bekerja Cepat

Sigap Demi Kepentingan Umum

Ekonomi, Kesehatan, Sosial944 Dilihat

 

Garut,Sinarpriangan.com

Camat Cilawu, Anas Aolia Malik, melaporkan terjadinya longsor di Kampung Kandang Uncal, Desa Ngamplang, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut pada Kamis malam (26/10/2023). Bencana ini menyebabkan tebing penahan Sungai Cipeujeuh sepanjang 25 meter mengalami kerusakan berat dan pipa distribusi air Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Intan Garut putus. Jumat 27 Oktober

Anas mengungkapkan keprihatinannya terkait potensi risiko di musim hujan mendatang jika situasi ini tidak segera ditangani.

“Oleh karena itu saya informasikan ini sebagai laporan awal kepada seluruh yang berkepentingan untuk menanggulanginya,” ujar Anas didampingi tim BPBD Kabupaten Garut, Perumda Air Minum Tirta Intan Garut, Kepala Desa Ngamplang, dan PUPR, ketika meninjau lokasi longsor.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Intan Garut, Aja Rowikarim, menjelaskan bahwa pipa distribusi utama ND 200 mm terputus di jalur badama. Pihaknya telah memobilisasi tim teknis untuk mengevaluasi dan memperbaiki kerusakan dengan segera. Pihaknya juga akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan keamanan dan perbaikan yang efisien.

Sementara proses perbaikan berlangsung, Perumda Air Minum Tirta Intan Garut akan menyediakan pasokan air alternatif melalui kendaraan tangki air di beberapa titik strategis. Mengenai waktu perbaikan belum dapat dipastikan, namun pihaknya akan terus memberikan pembaruan informasi melalui media sosial, situs web resmi, dan saluran komunikasi lainnya.

“Perkiraan waktu perbaikan belum dapat dipastikan dengan pasti pada saat ini. Kami akan terus memberikan pembaruan informasi,” tandasnya.

Area pelayanan yang akan terdampak meliputi beberapa daerah di Cabang Garut Kota, seperti Gunung Satria, Gunung Kondang, Gold Land Estate, Dayeuhandap, Pasundan, Sukadana Gondok, Kondang Rege, Bratayudha (Gang Hj. Anih), Cileudug, Gunung Lambung, Gang Hidmah, Kampung Sisir, Sumber Sari, Cibeulik, Galunggung, Cakra Buana, dan sebagian Jalan Papandayan.

Pewarta:

Ade

 

Baca Juga :

Program Pekarangan Pangan Lestari Untuk Kelompok Tani, Dapat Dukungan Dari Tenaga Ahli DPR RI(Rijal Citraloka)

 

Langkah Komitmen Bupati Garut Rudy Gunawan untuk Meningkatkan Status THK-II

 

Siti Mufattahah Anggota Komisi XI DPR RI Menghimbau Masyarakat Untuk Menghindari Pinjaman Untuk Kebutuhan Konsumtif