Ponpes As-Syifa di Garut Gelar Pelatihan Kerja untuk Meningkatkan Life Skill Santri

Artikel, Berita, Pendidikan5749 Dilihat

Garut, Sinarpriangan.com

17 Juli 2023 – Ponpes As-Syifa, yang dinaungi oleh Yayasan As-Syifa Afiatul Hilmi, mengadakan pembukaan pelatihan kerja pada hari ini di Kampung Mekar Siliwangi, Desa Sukalillah, Kecamatan Sukaresmi. Pelatihan ini merupakan angkatan pertama yang diselenggarakan oleh ponpes tersebut, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan hidup (life skill) para santri.

Yayasan As-Syifa Afiatul Hilmi telah berdiri sejak tahun 2012 dan pada tahun 2016/2017 mendirikan Ponpes As-Syifa dan Madrasah Diniyah As-Syifa, termasuk TPQ Taman Pelatihan Alquran. Pada tahun 2017/2018, mereka juga mendirikan SMA IT Siliwangi yang telah berhasil mencetak empat angkatan lulusan meskipun dengan jumlah siswa hanya 140 orang.

H. Jajang, selaku sesepuh Ponpes As-Syifa, menyatakan bahwa mereka sangat terbuka untuk masyarakat Garut yang ingin menimba ilmu di Ponpes As-Syifa secara gratis. Bagi mereka yang tertarik, terutama yang ingin tinggal di asrama (mondok), hanya perlu membayar biaya sebesar 300 ribu rupiah per bulan untuk makan dan minum santri. Biaya tersebut bukan untuk Ponpes As-Syifa, melainkan untuk memastikan kelancaran kegiatan belajar, seperti membayar tagihan listrik.