Pemkab Garut Gelar Jalan Sehat, Diikuti Ribuan Warga

Berita, Kesehatan611 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Warga Kabupaten Garut tumpah ruah di alun-alun Garut, Kecamatan Garut Kota Selasa 28 Februari 2023. Warga Garut tersebut mengikuti jalan sehat yang digelar Pemkab Garut dalam memperingati Hari Jadi Garut ke-210.

Pesertanya terdiri antara lain, PNS, instansi vertikal, BUMD. Jalan sehat ini melewati rute antara lain, Jalan Ahmad Yani, Jalan Cimanuk, Jalan Gordah, Jalan Pembangunan, Jalan RSU, Jalan Cimanuk, Jalan Kabupaten, dengan finish di Alun-Alun Garut.

Bupati Garut Rudy Gunawan yang membuka langsung acara tersebut. Juga dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Garut.

Bupati Garut mengatakan, melalui jalan sehat ini peserta dan semua pihak bergembira dalam rangka merayakan HJG ke-210.

Jalan sehat ini sendiri, imbuh Rudy, bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), sehingga kegiatan ini dibarengi dengan kegiatan memungut sampah.

baca juga: Difteri Menyerang Kabupaten Garut, Imunisasi Massal Akan Dilakukan Pemkab

“Dan ini akan kita laksanakan jalan santai tapi kita ada program untuk memungut sampah, karena kita sekarang sedang menyelenggarakan pekan ketaatan kita terhadap pengelolaan sampah, siap? Ayo kita laksanakan nanti yang dipinggir-pinggir nanti Dinas LH dibantu oleh tim kuning atau tim penyapu kuning akan melaksanakan ini,” ujar Bupati Garut.

Ia menerangkan dalam kegiatan jalan sehat ini ada beberapa doorprize yang sediakan oleh panitia seperti motor, sepeda, kulkas, dengan hadiah utamanya yakni paket umroh.

Sementara itu, Ketua Pelaksana juga Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Yatie Rohayati, menuturkan, acara ini disesuaikan dengan tagline yang ditetapkan oleh Bupati Garut, sehingga tak terlepas dari kegembiraan, prestasi, dan empati.

baca juga: Bupati Garut Serahkan 138 SK PNS untuk CPNS Angkatan 2021

Ia mengungkapkan jika masyarakat sangat antusias untuk mengikuti jalan sehat ini, bahkan untuk kegiatan ini pihaknya mengedarkan 17 ribu tiket kepada seluruh perangkat daerah untuk dibagikan juga ke masyarakat.

“Dan ini juga tentu tidak terlepas dari daya tarik yang menjadi magnet dari peserta jalan sehat yaitu hadiah-hadiah, yang satu umroh yang merupakan sponsornya dari Bank BJB, kemudian motor ada dua unit dari Bank Garut dan dari PDAM, ada 8 unit sepeda dari berbagai sponsor yang jumlahnya donatur dan sponsor itu tidak kurang dari 39. Jadi luar biasa, terimakasih sekali kami sebagai panitia menghaturkan terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang sudah berkontribusi,” tutur Yatie.

baca juga: Buka Musrenbang Pemuda, Sekda Garut Berpesan Kuasai Teknologi Komunikasi

Di tempat yang sama, pemenang hadiah utam paket umroh Jalan Sehat dalam rangka HJG ke-210 juga pegawai dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut, Diswara Nugraha, merasa senang dengan hadiah yang ia dapat, karena berangkat umroh tersebut awalnya hanya sekadar hirauan atau guyonan saja. Namun, kini menjadi kenyataan setelah berhasil mendapatkan undian hadiah umroh di jalan sehat dalam rangka HJG ke-210 ini.

“Saya merasa senang karena ini hadiah tidak disangka-sangka gitu kan, yang tadi hanya sekedar hirauan, main-main pengen berangkat umroh, Alhamdulillah dapet hadiah ini (tiket umroh),” tandasnya.(agus)