Pemkab Garut Anggarkan 5 Miliar Rupiah Lebih untuk Pilkades

Desa yang penyelenggara pilkades akan diberi bantuan keuangan debesar 40 Juta Rupiah

Berita130 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com  -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menganggarkan 5 miliar rupiah lebih untuk pilkades tahun 2023 sekarang.

Hal itu diketahui dari rapat kerja yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut di aula bank BJB Senin 9 Januari 2023.

Kepala DPMD Garut, Wawan Nurdin, menerangkan, bahwa Pilkades Serentak Gelombang 2 Tahap 2 Tahun 2023 ini akan diikuti oleh 82 desa di 28 kecamatan.

“Sementara mungkin bapak-bapak pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Garut ini ada di 28 kecamatan dengan 82 desa, dan juga untuk kegiatan ini juga sudah ada anggarannya sekitar Rp5.231.545.400 yang diperuntukan untuk 82 desa, yaitu dari bantuan keuangan tetap sebesar 40 juta per desa dan biaya pengadaan surat-surat suara dari  kelengkapannya sebesar Rp.4000 per hak pilih,” ujar Wawan Nurdin.

Wawan Nurdin mengatakan, dalam teknisnya, Meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah dicabut, protokol kesehatan tetap diterapkan.

Anggaran untuk protokol kesehatan itu diarahkan agar pemerintahan desa untuk menganggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

baca juga: LKS Al-Hikmah Laksanakan Pengecoran Rumah Quran Al Hikmah Karangpawitan

“Jadi masih berlaku Satgas di Kabupaten Garut jadi tetap sudah diarahkan bahwa para kepala desa yang melaksanakan kegiatan pilkades ini untuk mengganggarkan dari APBDes untuk kegiatan prokesnya,” katanya.

Sementara itu, Plt Asisten Daerah (Asda) 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Ganda Permana, berpesan agar para panitia memahami regulasi yang ada.

baca juga: Haul Akbar Kanjeng Syekh Fatah Rahmatullah dan Para Sesepuh Makam Karomah Tanjung Singguru

Selain itu Ia juga meminta kepada para camat untuk senantiasa melakukan pendampingan setiap tahapan Pilkades.

“Dua hal saja saya kira kalau di Pilkades itu pertama pahami regulasi yang ada, tunaikan tugas sebaik-baiknya sesuai regulasi yang ada di pahami itu, yang kedua khusus para Camat lakukan pendampingan setiap tahapan terutama dalam persyaratan,” pesannya.