Pemkab Garut Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik

Berita4411 Dilihat

GARUT – Sinarpriangan.com ,Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman beserta undangan melepas burung ke alam bebas dan menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, dengan tema “Solusi Untuk Polusi Plastik”, di Eks Rumah Makan Copong, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (12/6/2023).

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk membatasi pemakaian plastik, dan menggunakan tempat-tempat atau wadah-wadah yang ramah lingkungan,” ucap Helmi dalam sambutannya.

Wabup mengatakan, pihaknya saat ini sedang menjalin kerja sama dengan Yayasan Bakti Barito, dalam pengolahan plastik limbah untuk dicampurkan dengan hotmix, sebagai bahan aspal plastik guna pembangunan jalan di daerahnya, di mana bahan ini memiliki kualitas 40% tahan lama dibanding aspal biasa. Kabupaten Garut sendiri merupakan daerah kedua yang memanfaatkan aspal plastik dalam melaksanakan pembangunan jalan.

“Dan kita sudah beberapa ruas jalan, termasuk tahun ini juga beberapa ruas jalan tahun ini juga pakai campuran aspal limbah plastik. Biaya sama, karena kan hotmix, kan hanya 5%. Nah tapi kekuatan kan lebih unggul,” lanjutnya.

Wabup Garut menerangkan, bahwa jenis plastik yang digunakan sebagai hotmix aspal plastik adalah plastik keresek yang rata-rata tidak bisa diolah.

Di sisi lain, dr. Helmi mengucapkan terimakasih kepada seluruh komunitas burung, yang pada hari ini telah ikut bersama-sama berkontribusi untuk memeriahkan Peringatan Hari Lingkungan Hidup. Ia juga mempersilakan komunitas burung untuk berkoordinasi bersama Dinas Lingkungan Hidup untuk bersama-sama mengelola Eks Rumah Makan Copong ini, agar betul-betul dapat mencerminkan lingkungan yang baik.

“Agar betul-betul tempat ini tempat yang mencerminkan tempat lingkungan yang baik, lingkungan hidup yang terpelihara, yang dimiliki oleh Kabupaten Garut dan bisa dijadikan contoh bagi lingkungan lainnya,” katanya.