Pemerintah Desa Cigaronggong Dilaporkan ke Kejari Garut oleh Warganya

Hukum1235 Dilihat

GARUT – Warga Desa Cigaronggong, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, melaporkan pemerintahan desa terkait proyek pembangunan jalan desa dalam Program BANKEUDES Tahun Anggaran 2023 ke Kejaksaan Negeri Garut (21/3).

Warga merasa keberatan atas kurangnya transparansi dalam penggunaan anggaran dan kualitas pembangunan jalan yang dianggap asal-asalan.

Proyek pembangunan jalan desa yang dibiayai oleh Dana Bantuan Keuangan untuk Pembangunan Desa (BANKEUDES) senilai Rp. 500.000.000 telah menimbulkan pertanyaan serius di kalangan warga.

Mereka menduga bahwa dana BANKEUDES tersebut telah dipotong 35% oleh pihak pengusung program sebelum digunakan untuk pembangunan jalan desa. Selain itu, warga merasa dirugikan dengan kualitas pembangunan yang buruk, yang mereka yakini disebabkan oleh pemotongan dana yang dilakukan.

Selain proyek pembangunan jalan desa, warga juga melaporkan penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2023 untuk pembangunan gedung RA Darul Falah di Kampung Penclut, Desa Cigaronggong. Meskipun anggaran yang dialokasikan sebesar Rp. 198.148.000, hanya sejumlah Rp. 88.000.000 yang diterapkan pada pembangunan tersebut. Hal ini mengundang pertanyaan dari warga terkait penggunaan sisa anggaran dan ketidakjelasan dalam penyaluran dana.

Dalam upaya mendapatkan klarifikasi, seorang warga, yang berinisial “H”, telah melakukan konfirmasi kepada ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan berkunjung ke kantor desa. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil yang memuaskan, sehingga warga memutuskan untuk melaporkan kasus ini kepada Kejaksaan Negeri Garut.

Masyarakat Desa Cigaronggong, melalui Forum Masyarakat Peduli Desa Cigaronggong (FMPDC), sepakat untuk mengambil langkah hukum sebagai upaya koreksi terhadap pemerintahan desa mereka. Mereka berharap agar proses hukum yang dilakukan dapat memberikan keadilan dan kepastian hukum bagi semua pihak yang terlibat.

Langkah ini diambil sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab warga atas pengelolaan anggaran publik dan pembangunan infrastruktur di desa mereka. Dengan demikian, mereka berharap agar persoalan yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik dan terhindar dari konflik yang tidak diinginkan.(gil)

baca juga: Tertangkapnya Curanmor Di Desa Tegallega kecamatan Bungbulang Oleh Warga Setempat Dan Jajaran Karang Taruna Desa Tegallega

baca juga: Oprasi Gabungan Digelar, Sebelas Motor Yang Tidak Sesusai Spesikasi Kendaraan Diamankan