Pelatihan Terkait Dengan Pengembangan PUBLIK Dalam Rangka Mendukung Ke-PARIWISATAAN (INDAG)Kabupaten GARUT

program pembangunan sentra industri prodak olahan cabe

Ekonomi561 Dilihat

Garut,Sinarpriangan News 

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (INDAG) mengadakan pelatihan di selenggarakan Oleh Dinas pengurus perdagangan Dana Alokasi Khusus(DAK) Tahun anggaran 2023 pada tanggal 28/12/2023, Bertempat di balirum Fave hotel yang beralamat di jaln Raya cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Jumat 29 Desember

Kadis Perindag memaparkan.

“Kami berharap, komunitas masyarakat peserta pelatihan bisa memilih pemahaman warga masyarakat komunikasi publik,bisa mendukung kepariwisataan di daerah nya dan wilayah nya masing-masing, terkait program pembangunan sentra industri prodak olahan cabe, Yang ada di cikajang khususnya di desa mekarSari bisa jadi argo industri dan program pembangunan sentra industri kecil menengah prodak (SIPOP).

Olahan cabe di desa mekarsari kecamatan cikajang, Penghasil cabe yang cukup baik di kabupaten Garut, dari dinas perindustrian perdagangan mencoba mengembangkan hilirsasi pertanian dengan di adakan pelatihan ini, Masyarakat menjadi lebih banyak pengetahuan memberikan nilai tambah, Tidak hanya sisi perindrustrian nya sisi pertanian nya juga setelah pelatihan ini untuk beroprasi bisa berkunjung ke desa mekarsari.

Cabe itu seperti apa budidayanya, Dan juga banyak sekali manfaat nya, Seperti banyak pedagang cabe tidak terlalu paham, Cabe tersebut banyak jenisnya, Dari jenis tanaman cabe, cabe tersebut bisa di pake apa saja dan bisa menjadi edowisata dan masyarakat bisa menjadi nilai tambah seperti Orang tua nya tanam cabe, Anaknya juga ikut berjualan dan ikut mengolah.

Dan langkah kami bukan hanya mengadakan pelatihan – pelatihan saja, Dan bukan cuma cukup disini dan pemerintah desa juga bisa bekerjasama seperti masyrakat nya bisa menanam di depan rumah nya,Bisa menanam cabe dan sejenisnya dan juga jadi bermanfaat dengan pariwisata ini bisa jadi kebersihan halaman kesejukan alam dan juga sepanjang jalan bisa lebih hidup dan Indah.

Dan hilir sasi ke industri bisa memberikan multi payer dan memberikan daya tambah dan permodalan, juga bisa bekerjasama dengan perbankkan koperasi Dll, Tinggal kesiapan pihakny saja bagaimana tehknik komunikasi publik dan kesiapan kelompok nya dan petani nya, ada niat dan kesiapan pola pikir untuk bisa produktip yang terpenting sumber daya manusia(SDM) kalau SDM nya Bagus sumber daya alam di datangkan. Ungkap kadis perindag Ridwan Ependi s.stp m.si.

Dan kepala desa mekarsari Agus Nurjaman, Menyatakan masyarakat kami sangat supot dan antusias, dengan adanya pelatihan ini inti nya kami sebagai kepala desa sendiri bersyukur dan auden para peserta sangat berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Garut terutama ( indag ) dan sampai hari ini diadakan acara pelatihan yang ke dua kalinya semua terkait ini adalah program nasional terutama 421 desa di kabupaten Garut ini suatu kesempatan dan juga alhamdulilah mempercayakan pada desa kami mekarsari berdiri sentral IKM, sentral industri menengah prodak (SIPOP) ini bisa mencontohkan bagi desa yang ada di kabupaten Garut . “Tandasnya

 

Pewarta:

Agus Sulaeman