Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 18 Melaksanakan Seminar Digital

KKN dari Kampus Institut Teknologi Garut Kelompok 18 Melaksanakan Kegiatan Seminar Digital

Berita, Pendidikan682 Dilihat

 

Garut, Sinarpriangan.com – Kamis 24 Agustus 2023, Kuliah Kerja Nyata  Institut Teknologi Garut  Kelompok 18 telah melaksanakan kegiatan Seminar Literasi Digital Dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula Desa Ciburuy, Kec. Bayongbong, Kab. Garut.

Dalam menuntaskan salah satu program wajib yakni Seminar Literasi Digital yang dilaksanakan di Aula Desa Ciburuy, Bayongbong, Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Desa Ciburuy Bapak Dindin Saepudin dengan bertemakan “Pemanfaatan Teknologi dan Penerapan Etika Digital di Masyarakat”  guna memgembangkan pemikiran masyarakat mengenai keuntungan yang dapat diperoleh dalam penggunaan sosial media yang benar dan bijak.

Dr. Hilmi Aulawi, S.T., M.T., IPU.,

 

Kementrian Komunikasi dan Informasi telah bekerja sama dengan Institut Teknologi Garut, Guna memberikan edukasi kepada masyarakat terkait literasi digital. Literasi digital memiliki 4 pilar utama, yaitu digital skills, digital safety, digital ethics dan digital culture. Literasi digital  merupakan salah satu kecakapan yang perlu dimiliki oleh setiap masyarakat untuk dapat memanfaatkan kesempatan atau peluang baru yang muncul yang diakibatkan oleh technology shifts saat ini.

Bapak Dr. Hilmi Aulawi, S.T., M.T., IPU., ASEAN Eng. Sebagai pemateri pertama pada kegiatan kali ini menyampaikan ”Dalam era di mana informasi dapat menyebar dengan cepat dan luas, etika digital menjadi semakin penting untuk menjaga keamanan, privasi, dan martabat setiap individu dalam dunia maya. Masyarakat harus mempertimbangkan dampak dari tindakan online mereka terhadap diri mereka sendiri, orang lain, dan lingkungan digital secara keseluruhan.”

Dalam seminar ini, Masyarakat akan menjelajahi lebih dalam mengenai etika dalam dunia digital, mendiskusikan tantangan yang dihadapi, serta memahami bagaimana masyarakat dapat berkontribusi untuk menciptakan lingkungan digital yang etis dan bermartabat.

 

Muhammad Syauqi Mubarok, M.pd.

Sementara itu, pemateri kedua kegiatan ini Bapak Muhammad Syauqi Mubarok, M.Pd yang juga selaku Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 18 Menyampaikan “Transformasi digital adalah proses perubahan fundamental yang melibatkan penerapan teknologi digital dalam semua aspek suatu organisasi, termasuk operasional, bisnis, dan budaya. Transformasi digital juga telah berdampak signifikan pada sektor pertanian dengan memperkenalkan inovasi dan perubahan budaya pertanian.”

 

 

Literasi digital ini diharapkan bukan hanya berkontribusi untuk memperkuat masyarakat dan pemerintah desa dalam peningkatan pengetahuan dan pemahaman bagi masyarakat desa, tetapi juga diharapkan dapat membuka peluang ekonomi baru di desa sebagai salah satu bentuk dampak positif dari penggunaan digital.

Terimakasih untuk setiap pihak yang sudah membantu mensuskseskan kegiatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan mari bersama-sama menjadi masyarakat yang pasih Transformasi digital dalam proses perubahan fundamental yang melibatkan penerapan teknologi digital dalam semua aspek.

Baca Juga :

Desa Sukalilah Kerjakan Berbagai Kegiatan Didesanya Untuk Kesejahteraan Masyarakat

 

Bupati Garut Apresiasi Program Skrining Tiroid untuk Kesehatan Masyarakat

 

Hadiri Muscab ke-12 Muhammadiyah dan Aisyiyah Kadungora, Wabup Garut Singgung Lagi Prediksi Indonesia Maju