Ketua LPM DPC Tarogong Kidul Harapkan Kades Mekargalih Bisa Sinergi dalam Pembangunan

Berita1199 Dilihat

GARUT – Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Buddy Oconk, meminta kepada kepala desa Mekargalih untuk bersinergi dalam melaksanakan pembangunan.

Buddy yang diketahui juga sebagai Ketua DPC LPM Kecamatan Tarogong Kidul dan Sekjen DPD LPM Kabupaten Garut, menyebut bahwa selama ini merasa kurang dilibatkan dalam hal pembangunan desa. Baik yang bersumber dari dana desa maupun dana IP Provinsi.

” Tahap 2 Dana desa 4 titik saya tidak dikasih tahu,” ujar Buddy Oconk.

Sejatinya kata Buddy, berdasarkan aturan yang sudah digariskan tentang keterlibatan LPM di pembangunan desa sudah sangat jelas. LPM memiliki peranan strategis dalam pelaksanaan pembangunan untuk bersinergi dengan pemerintah desa dan lembaga desa lainnya.

Buddy menjelaskan, LPM sebetulnya mempunyai peranan dalam tim pelaksana kegiatan (TPK) yang sangat vital untuk menggerakkan sebuah pembangunan di desa.

Juga termasuk menggerakkan gotong royong atau partisipasi masyarakat dalam pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa.

Maka dari itu Buddy meminta agar kepala desa Mekargalih bisa terbuka dan menjalankan aturan itu semua, terutama kaitan peranan LPM di dalam kegiatan pembangunan.

Buddy sangat berharap bisa bersinergi dan membangun desa Mekargalih sebagaimana yang dicita-citakan masyarakat.

Buddy berpesan agar kepala desa bisa melaksanakan semua aturan baik yang diatur dalam UU No 28 tahun 1999 tentang penyelenggaraan negara yang bebas dari KKN, UU no 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, UU no 14 tahun 20008 tentang keterbukaan informasi publik, UU no 6 tahun 2014 tentang desa serta PP no 68 tahun 1999.

Buddy pun berharap, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut bisa turun tangan untuk memberikan pembinaan kepada pemerintah desa dan LPM guna membangun sinergi tersebut.

DPM Diharpkan Buddy bisa menjembatani agar sinergi pemerintah desa dan LPM ini bisa berjalan sebagaimana yang telah digariskan undang-undang.

Selain itu Buddy juga mengharapkan kepada Camat Tarogong Kidul untuk bisa turun melakukan pembinaan kepada pemerintah desa dan LPM untuk menerangkan bagaimana mekanisme sinergi kedua lembaga ini.

Karena Buddy mengakui bahwa kepala desa PAW yang sekarang menjabat ini masih belia dan perlu ada sinkronisasi supaya mekanisme pembangunan bisa berjalan sebagaimana mestinya.(gilang)

baca juga: Hari Pertama Oprasi Katarak Relawan Kesehatan peduli (RKP) dampingi Lagi Para Pasien

baca juga: Usaha Tempe Rintisan Pengurus Rumah Qur’an Al-Hikmah, Berdayakan Pengangguran Ditengah Himpinan Ekonomi Sedang Sulit