Kerap Banjir, Desa Karyajaya Bersama PUPR Lakukan Pengerukan Irigasi

Berita3246 Dilihat

GARUT –Sinarpriangan.com,  Pemerintah Desa Karyajaya, Kecamatan Bayongbong bersama Dinas PUPR Kabupaten Garut melakukan pengerukan irigasi teknis Cimanuk di kampung Harempoi Desa Karyajaya Kecamatan Bayongbong, Selasa 13 Juni 2023.

Slamet Sulaiman dari UPT PUPR Bayongbong menjelaskan, dalam hal ini pihaknya diminta oleh desa untuk melakukan pengerukan irigasi karena sering terjadi banjir.

Namun sayang, selama ini pihaknya cukup kewalahan karena keterbatasan dalam anggaran.

Akhirnya pihak Desa Karyajaya menyanggupi untuk membantu dalam biaya. Dan pengerukan pun dilakukan secara bersama-sama dengan PUPR.

” Ini sebenarnya Program Kaloborasi bersama Desa terkait, kebetulan ada Desa yang meminta kepada kami mengingat kami keterbatasan anggaran jadi kami berbagi anggaran dengan Desa ketika ada permasalahan disaluran irigasi yang mengalami pendangkalan akhirnya Desa mau bersama-sama kami memberikan bantuan sedikit-sedikit akhirnya kita bisa melaksanakan pengalian seperti ini setidaknya kita bisa meminimalisir permasalahan banjir yang akan datang,” Ujar Slamet Sulaiman.

Slamet Sulaiman mengimbau Desa- Desa yang dilintasi irigasi agar tidak selalu tergantung terhadap anggaran yang ada di UPT PUPR. Terlebih lahi sekarang ini pihaknya tengah mengalami transisi dari segi anggaran.

“Alangkah baiknya kita bersama-sama menangani permasalahan itu dengan anggaran-anggaran yang bisa kita manfaatkan dari desa dan kita gabungkan dengan adanya PUPR sehingga bisa berjalan dengan baik untuk mengatasi saluran ini,” Ujarnya.