Jika Listrik Mengalami Gangguan Kemana Menghubungi PLN?

Artikel188 Dilihat

Jika Listrik Mengalami Gangguan Kemana Menghubungi PLN? – Jika terjadi gangguan listrik, sekarang ini tak perlu repot-repot mengunjungi kantor PLN. Anda bisa melakukan laporan secara aplikasi atau saluran lain yang disediakan PLN secara digital.

Hal ini tentu untuk semakin memudahkan masyarakat melakukan pengaduan terhadap gangguan jaringan listrik.

Layanan ini pun dapat direspos secara cepat oleh PLN.

Lalu kemanakah menghubungi layanan seperti itu?

Untuk menghubungi PLN anda bisa memanfaatkan layanan melalui aplikasi yang bisa didownload di play store atau app store.

Fitur pengaduan gangguan pada Aplikasi PLN Mobile versi terbaru ini juga dirancang bisa terintegrasi dengan baik ke aplikasi pendukung di outage management. Antara lain terdiri dari Pelayanan Teknik (Yantek) Mobile, Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).

Dengan sistem laporan ini, maka laporan gangguan dari masyarakat bisa langsung disampaikan kepada petugas Yantek dan pelanggan bisa memantau progress pengaduan.

baca juga: Penyebab Kebakaran Rumah yang Sering Terjadi Akibat Listrik

Bahkan ada dua opsi jika pelanggan ingin menyampaikan laporan gangguan layanan kelistrikan ke PLN. Dua opsi itu antara lain menggunakan identitas pelanggan terdaftar (ID pelanggan) atau nomor meteran, atau juga menggunakan titik lokasi.

Untuk mengadukan gangguan kelistrikan melalui ID Pelanggan/No Meter dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

baca juga: Jamaludin Warga Tarogong Kaler Rumahnya Rata Akibat Kebakaran, Uang Untuk Rehab Juga Habis

baca juga: Lazis MTU Serahkan Wakaf Sumur Bor dan Santunan Sembako di Pasirwangi

1. Pelanggan jika ingin mengadukan perlu memiliki aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini tersedia di app store seperti Play Store dan App Store.

2. Setelah didownload buka aplikasi, kemudian klik menu Pengaduan di halaman depan aplikasi. Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan.

3. Pada kolom yang disediakan, masukkan ID pelanggan yang ingin diadukan. Anda juga dapat memasukkan ID pelanggan atau nomor meter lain.

4. Apabila pelanggan PLN tidak mengetahui nomor ID pelanggan, maka anda bisa menunjukkan lokasi melalui map yang disediakan. Tentukan lokasi, kemudian klik Konfirmasi.

5. Lokasi yang diisikan harus sesuai, kemudian pilih tombol “LANJUTKAN”.

6. Kemudian anda juga bisa melampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih “KIRIM PENGADUAN”.

7. Setelah itu pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan.

Setelah itu, pelanggan tinggal melacak status penanganan gangguan yang dilakukan oleh petugas PLN.

Laporan itu bisa diterima secara real time, mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi.

 

Demikian Jika Listrik Mengalami Gangguan Kemana Menghubungi PLN. Anda bisa melakukan pengaduan secara mudah dengan aplikasi yang sudah disediakan PLN saat ini.