Hadiri Kontes Ikan Gabus, Wakil Bupati Garut Kaget Harganya Cukup Mahal

Artikel, Berita299 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com– Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, mengapresiasi pelaksanaan kontes ikan gabus atau channa bertajuk “Swiss Van Java Regional Channa Contest II” yang digelar di Art Center Garut, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabur Garut, Minggu (11/06/2023).

Ia berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin di Kabupaten Garut, dan mampu melibatkan lebih banyak lagi peserta dari luar daerah, baik dari kabupaten, pulau Jawa, maupun luar pulau Jawa.

“Karena di sini ada Chana Kalimantan, tolong dong orang Kalimantan-nya gitu (datang ke Garut), (sekarang kan) orang Kalimantannya nggak ada,” ujar Wabup Garut dalam sambutannya.

Ia tak menyangka jika ikan air tawar ini yang dulunya kurang populer, kini menjadi ikan hias yang banyak dicari dan memiliki harga jual fantastis hingga puluhan juta rupiah.

“Tadi katanya ada yang harganya 30 juta katanya ya, 1 30 juta kalau punya 100 berapa ya?,” candanya.

Wabup Garut juga menilai jika munculnya ikan channa menjadi ikan yang memiliki nilai jual ini tak lepas dari kreativitas anak-anak muda yang mencoba mencari uang dengan usaha-usaha yang unik.

“Mungkin 50 tahun yang lalu belum ada yang seperti ini kan, ini Alhamdulillah sekarang ternyata bisa (memiliki nilai ekonomis),” ungkapnya.

Ia berharap melalui acara Channa Contest ini mampu membangkitkan ekonomi di Kabupaten Garut, karena adanya aktivitas ekonomi berkat adanya kontes ikan gabus tersebut.

 

Baca Juga :

Kacab PDAM Samarang Berharap Pelaku Perusakan Pipa Dihukum Berat

 

Di Garut, Bantuan PIP Siswa SMPN Dipotong 50 Persen, Ketua Gawat Lakukan Audensi di Gedung DPRD

 

Disperindag ESDM Garut Buka Pendaftaran Gratis Sertifikasi Halal dan TKDN