Cara Mengetahui Penerima Bansos Kemensos

Ekonomi210 Dilihat

Sinarpriangan.com – Cara mengetahui apakah anda merupakan penerima bansos Pemerintah, mudah sekali dilakukan. Khususnya untuk mengetahui bansos yang disalurkan Kementerian Sosial (Kemensos).

Bansos dari Kemensos itu antara lain PKH, BPNT, BST, dan BLT BBM. Bansos inilah yang kerap dipertanyakan masyarakat di bawah.

Bahkan banyak yang cemburu, kenapa kondisi ekonomi saya seperti ini tapi tidak mendapatkan bansos. Jangan-jangan ada yang mengambilnya?. Nah untuk menjawab kecurigaan seperti itu, ada baiknya anda cek sendiri melalui aplikasi online yang disiapkan Kemensos ini.

Caranya sangat mudah, anda bisa menggunakan ponsel atau menggunakan komputer di rumah. Yang penting perangkat anda itu terhubung ke internet.

Bagaimana Cara Cek Nama Penerima Bansos Kemensos?

 

Cara untuk cek nama anda apakah termasuk penerima bansos dari Kemensos, mudah sekali dilakukan. Anda cukup mengunjungi laman resmi yang disiapkan Kemensos, yaitu https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Dengan laman yang telah disiapkan ini, anda bisa mengeceknya dimana saja dan kapan saja.

baca juga: Pilkades Serentak di Garut Direncanakan Pada 2023 Mendatang

baca juga: 5 Desa di Kecamatan Bayongbong Dapat Bantuan Rutilahu

Tapi terlebih dahulu siapkan dokumen atau data yang diperlukan.
Berikut ini cara yang harus anda lakukan:

1. Buka Laman https://cekbansos.kemensos.go.id/. Pastikan ponsel atau perangkat komputer anda terhubung dengan konteksi internet.

2. Setelah membuka laman tersebut, maka selanjutnya akan ada tampilan pengisian data. Yaitu mengisi Nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa/kelurahan.

3. Setelah itu anda juga wajib mengisi kolom nama. Mengisinya harus sesuai dengan nama yang tercantum di e-KTP.

4. Setelah mengisi data itu selesai, anda harus mengisikan kode huruf verifikasi pada kolom di bawah kode huruf tersebut.

5. Langkah selanjutnya jika sudah terisi seluruhnya, maka anda klik CARI DATA

Nah jika anda terdaftar sebagai penerima bansos, maka akan muncul nama penerima, wilayah, umur, jenis bantuan (BST, PBI-JK, PKH, BPNT dan BLT BBM).

Kemudian di kolom BST, PBI-JK, PKH, BPNT dan BLT BBM itu akan ada informasi status (YA), keterangan (proses bank himbara/PT Pos Indonesia) beserta periodenya.

Mudah bukan? Seperti itulah Cara Mengetahui Penerima Bansos Kemensos atau bukan. Selamat mencoba!