Camat Kersamanah Sebut Harum Madu Cegah Inflasi dan Kerawanan Pangan

Ekonomi219 Dilihat

GARUT – Program Halaman Bermanfaat Terpadu (Harum Madu) yang diprogramkan Bupati Garut melalui desa, dinilai sangat bermanfaat. Hal itu disampaikan Camat Kersamanah Muhrom Suhandi.

Muhrom sendiri memastikan bahwa semua desa di Kersamanah sudah menjalankan program Harum Madu.

Seperti diketahui bahwa Harum Madu merupakan program memanfaatkan pekarangan untuk ditanami dengan berbagai tanmaan sayuran, dan pangan untuk kebutuhan masyarakat.

Enam desa di Kecamatan Kersamanah lanjut Muhrom, sudah melaksanakan program tersebut.

“Alhamdulilah semua Desa di Kecamatan Kersamanah sudah merealisasikan dan melaksanakan kegiatan program Harum Madu,”Ujar Muhrom Suhandi Rabu 12 Juli 2023.

Untuk bibit tanaman yang ada di Harum Madu, semua desa di Kersamanah membagikan kepada tiap RW yang ada.

“Ada juga yang di sentralkan tiap Rw , dan kalau untuk di halaman Desa Demplot Harum Madu ada di Desa Mekaraya dan fokus di satu Desanya itu tingkat Desa ada juga di tingkat Rw nya juga ada,”Ucapnya.

“Kalau di Kecamatan Kersamanah setiap Desa Menganggarkan 50 juta per Desa dari anggaran Dana Desa dan anggaran segitu kegiatannya membikin demplot , benih , dan pelatihan,”Ungkapnya.

BACA JUGA: DPMD Garut Sosialisasikan Aturan Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Camat mengungkapkan program Harum Madu ini manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Bahkan ada warga yang bisa memberikan oleh-oleh bagi keluarganya yang berkunjung dari kota.

“Contoh waktu kami melaksanakan monitor ke Desa Girijaya warga yang berkunjung saling berkunjung ke rumah itu mereka bisa membahani kepada warga yang akan berangkat ke kota,”Katanya.

BACA JUGA: BAZNAS Dan UPZ Lembaga Yang Resmi Dari Pemerintah Untuk Kita Berzakat

Dengan program ini kata Camat, juga bisa menekan inflasi dan kerawanan pangan di tengah masyarakat. Sehingga secara ekonomi, program ini imbasnya sangat besar.(atu)