Bupati Garut Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Kabupaten Garut

Berita, Ekonomi2943 Dilihat

GARUT – Sinarpriangan.com

Bupati Garut, Rudy Gunawan menghadiri Rapat Paripurna DPRD Garut Masa Sidang II Tahun Sidang 2023 dalam rangka Pembahasan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD Tahun Anggaran 2022 dengan acara pokok Jawaban Bupati Garut atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (15/6/2023).

Bupati Garut mengungkapkan, bahwa pada rapat paripurna sebelumnya, seluruh pandangan fraksi menyoroti Pendapatan Asli Daerah (PAD). Ia mengungkapkan, bahwa memang terdapat rubrik terkait pendapatan asli daerah, potensi, dan hal yang berhubungan dengan perkiraan yang lebih konstruktif mengenai PAD Kabupaten Garut.

Berkaitan dengan perolehan pajak dan retribusi di Kabupaten Garut, khususnya pada tahun 2020 dan 2021, diakui bupati, mengalami penurunan yang signifikan karena adanya pandemi Covid-19. Namun, imbuh Rudy, di tahun 2022 kemarin pajak dan retribusi daerah Kabupaten Garut mulai meningkat perlahan.

“Untuk hotel berbintang, ini mempunyai kenaikan yang signifikan. Tetapi untuk hotel-hotel yang tidak berbintang, ini mengalami penurunan yang signifikan,” ucapnya.

Oleh sebab itu, imbuhn bupati, pihaknya pun sudah berkoordinasi bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dalam rangka untuk peningkatan PAD dari pajak hotel dan pajak restoran.

Baca juga:

Wabup Garut Cek Proses Rehabilitasi Jalan di Kecamatan Banjarwangi

 

Wabup Garut Cek Proses Rehabilitasi Jalan di Kecamatan Banjarwangi