DPC GMPK Cimahi Laksanakan Diskusi Bertajuk Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pemilu

Berita463 Dilihat

Cimahi, Sinarpriangan.com-16 Juni 2023  Dalam rangka memperkuat demokrasi dan mendorong partisipasi aktif masyarakat, DPC Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (GMPK) Kota Cimahi dengan bangga melaksanakan diskusi yang mengusung tema “Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pemilu Terbuka dan Tertutup”. Acara yang digelar di Cafe Q Coffee & Space, Cimahi pada tanggal 16 Juni 2023 ini berhasil memberikan wawasan yang berharga kepada peserta.

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari Ketua DPC Cimahi, M. Yusuf, yang menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam menjaga integritas pemilu. Beliau mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam membangun demokrasi yang kuat dan inklusif.

Diah Aprilia saat mengisi acara seminar kebangsaan Gmpk
Diah Aprilia saat mengisi acara seminar kebangsaan Gmpk

Narasumber pertama, Ketua DPD GMPK Jawa Barat, Taufiq R. Sudrajat, menyampaikan pandangannya terkait pemilu terbuka dan mengungkapkan, “Untuk mengendalikan biaya politik yang berlebihan dalam pemilu terbuka, maka aktor pemilih sangat penting. Perlu kecerdasan dalam memilih presiden, wakil rakyat, dan kepala daerah pada pemilu 2024. Memilih karena memahami visi para calon, dan bukan karena iming-iming uang.”

Sementara itu, narasumber kedua, Direktur Bumi Wanoja, Diah Apriliani, M.I.Pol., menyoroti pentingnya transparansi dalam mewujudkan keterwakilan perempuan yang lebih kuat dalam panggung politik. Beliau menekankan, “Kita perlu langkah-langkah konkret untuk memperkuat demokrasi yang inklusif dan berkeadilan. Makanya keterbukaan dalam penyelenggaraan pemilu dijaga, agar para perempuan tetap memiliki ruang yang terbuka untuk tampil dalam panggung pemilu.”

Pemberian sertipikat kepada pemateri acara seminar oleh ketua GMPK Kota Cimahi
Pemberian sertipikat kepada pemateri acara seminar oleh ketua GMPK Kota Cimahi

Diskusi ini dihadiri oleh mahasiswa, pelajar, organisasi kepemudaan, serta masyarakat umum yang peduli terhadap isu-isu terkait pemilu. Selama sesi tanya jawab, peserta aktif berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai solusi-solusi praktis yang dapat diterapkan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pemilu, serta pentingnya keterwakilan perempuan dalam proses politik. Diskusi ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan memotivasi peserta untuk berkontribusi dalam membangun sistem politik yang lebih baik.

DPC GMPK Cimahi berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan yang memajukan pemahaman masyarakat tentang demokrasi yang kuat dan inklusif. Diskusi ini menjadi langkah awal dalam perjuangan untuk menciptakan dan mendorong pemilu yang lebih transparan, akuntabel, dan berintegritas di masa depan.

 

Poto bersama peserta acara seminar
Poto bersama peserta seminar