YBM BRILiaN RO Bandung Mendorong Kemajuan Usaha Budidaya Strawberry di Samarang Garut Melalui Program Income Generating

Acara peluncuran ini berlangsung di Wisata Strawberry Samarang, Desa Samarang,

Ekonomi, Pemerintahan1192 Dilihat

Garut,Sinarpriangan News 

Yayasan Baitul Maal BRI (YBM BRILiaN) Regional Office Bandung meluncurkan Mustahik Income Generating Program (MIGP) khusus untuk kelompok usaha budidaya strawberry. Acara peluncuran ini berlangsung di Wisata Strawberry Samarang, Desa Samarang, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kamis 18 Januari 2024

Program ini menjadi wujud dukungan YBM BRILiaN terhadap pengembangan sektor pertanian, khususnya dalam budidaya strawberry. Hadir dalam acara tersebut, Ramanto Heri Saputra selaku Senior Vice President (SVP) YBM BRILian Regional Office Bandung, Kades Samarang Drs. Tomi Romli, perwakilan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Dinas Pertanian pokja kecamatan Samarang, serta perwakilan kelompok usaha budidaya.

Ramanto Heri Saputra, Supervisor YBM BRILian RO Bandung, menyampaikan, “Mustahik Income Generating Program ini adalah salah satu program unggulan YBM BRILiaN yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Program ini tidak hanya fokus pada sektor pertanian, tetapi juga mencakup peternakan, pendampingan UMKM, dan berbagai sektor ekonomi di seluruh Jawa Barat, termasuk di Samarang.”

Program ini mendapat dukungan anggaran yang cukup besar dari YBM BRILiaN, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mengembangkan potensi para pelaku usaha di bidang budidaya strawberry.

Heri menekankan, “Bukan hanya sekadar menjual hasil pertanian, kita juga akan mencoba meningkatkan nilai tambah dengan menjadikan budidaya strawberry sebagai objek wisata petik strawberry, sekaligus menciptakan produk turunan yang berbahan dasar strawberry. Inilah potensi besar yang bisa dikembangkan melalui program ini.”

Di kegiatan yang sama, Kades Samarang, Drs. Tomi Romli, menyampaikan rasa kagum dan kebanggaannya terhadap YBM BRILiaN. “Saya mengucapkan terima kasih kepada YBM BRILiaN. Program ini diharapkan dapat menggali potensi dan membantu para penggiat budidaya di Desa Samarang. Saya pasti mendukung program ini karena sejalan dengan visi misi saya untuk menjadikan Desa Samarang menjadi salah satu desa brilian.”

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh perwakilan kelompok usaha budidaya strawberry, Barnas. “Di hari yang berbahagia ini, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada YBM BRILian. Semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat bagi kami kelompok dan sekitar. Dengan adanya program ini, kami berharap dapat memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tetap setiap hari.”

Acara dilanjutkan dengan prosesi penanaman strawberry bersama kelompok budidaya sebagai simbol awal dari upaya bersama dalam mengembangkan sektor pertanian di Garut melalui program yang diinisiasi oleh YBM BRILiaN.

 

Pewarta:

Alfatih