Sekda Kabupaten Garut Tutup Rangkaian MTQ XLIV Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023

Berita147 Dilihat

GARUT – Rangkaian Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XLIV tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023 telah usai dan sukses digelar di Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut. Rangkaian MTQ tahun ini ditutup secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, yang hadir secara langsung di lokasi acara, Jum’at malam (07/07/2023). Kecamatan Leles Raih dinyatakan sebagai Juara Umum.

Sekda Garut dakan sambutannya mengapresiasi antusiasme Kecamatan Talegong dalam mempersiapkan perhelatan MTQ tingkat Kabupaten ini. Bahkan, ia melihat Camat Talegong, beserta masyarakat bahu-membahu agar pelaksanaan MTQ ini berjalan baik.

“Saya menilai Pak Camat pelaksanaan kegiatan ini insya Allah berjalan dengan lancar, apresiasi sekaligus kepada Bapak Camat serta tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Talegong,” ujar Nurdin.

Kesuksesan MTQ di Kecamatan Talegong ini, lanjut Sekda Garut, ditandai oleh beberapa hal, seperti menghasilkan sebuah “produk” kafilah yang memenuhi kualifikasi dan handal, yang akan menjadi perwakilan bagi Kabupaten Garut untuk mengikuti MTQ di tingkat provinsi.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar semua pihak tidak hanya berorientasi pada input oriented maupun output oriented saja, melainkan bisa berorientasi pada impact oriented.

Contoh dari impact oriented dalam pelaksanaan MTQ ini, kata Nurdin, dilihat dari group musik asal Kecamatan Talegong yakni Mahesa yang kini lebih dikenal dan juga anak-anak yang melukis gambar di area MTQ kini diminta melukis kembali di daerah lain.

“Saya kira 2 indikator (tadi) cukup juga bisa kita lihat bagaimana (daya) ungkit ini berfungsi,” ucapnya.

Tak hanya itu, Sekda Garut menerangkan selama MTQ ini ada juga side effect yang dirasakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Talegong yang berjualan selama pelaksanaan MTQ, sehingga hal tersebut menimbulkan geliat ekonomi di masyarakat.

“Insya Allah bahwa mereka juga merasakan manfaat yang terjadi (atau) impact yang dia rasakan dengan meningkatnya income yang dia dapat dalam pelaksanaan MTQ ini. Saya kira itu juga bentuk lain dari side effect yang diharapkan oleh kita semua,” tandasnya.

Dalam MTQ XLIV Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023, Kecamatan Leles kembali menjadi juara umum sekaligus meraih juara tiga kali berturut-turut. Atas hal tersebut, peraih juara umum berhak mendapatkan piala bergilir Bupati Garut yang kini menjadi piala tetap bagi Kecamatan Leles.

Berikut 10 besar dalam perhelatan MTQ XLIV tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023 :
1. Juara Umum – Kecamatan Leles dengan jumlah nilai 63
2. Peringkat 2 – Kecamatan Garut Kota dengan jumlah nilai 41
3. Peringkat 3 – Kecamatan Cisurupan dengan jumlah nilai 34
4. Peringkat 4 – Kecamatan Bayongbong dengan jumlah nilai 26
5. Peringkat 5 – Kecamatan Kersamanah dengan jumlah nilai 25
6. Peringat 6 – Kecamatan Selaawi dengan jumlah nilai 24
7. Peringkat 7 – Kecamatan Samarang dan Kecamatan Pangatikan dengan jumlah nilai 23
8. Peringkat 8 – Kecamatan Cilawu dengan jumlah nilai 17
9. Peringkat 9 – Kecamatan Malangbong dengan jumlah nilai 16
10. Peringkat 10 – Kecamatan Leuwigoong dan Kecamatan Talegong dengan jumlah nilai 12