Rifki Nur Fauzi , Terpilih Secara syah Sebagai Ketua Cabang SEMMI Garut

Berita904 Dilihat

Garut,Sinarpriangan.com – Dewan Pimpinan Cabang Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia Kabupaten Garut menggelar forum tertinggi tiga tahunan *Musyawarah Cabang IV SEMMI Kab. Garut Tahun 2022* dengan tema : _Implementasi Fundamen Gerakan SEMMI untuk Mewujudkan Pergerakan yang Berdaya Saing_, Ahad (30/11).

Gelaran Muscab tersebut dibuka dengan sesi Dialog Publik bertajuk “Quo Vadis Mahasiswa di Pemilu 2024?” yang menghadirkan Ketua Umum DPP SEMMI M. Azizi Rois sebagai Keynote Speaker, dan dibersamai oleh para narasumber dan tamu undangan dari Anggota DPRD Jawa Barat H. Ade Kaca, DPC SII Kab. Garut, beserta stakeholder daerah Garut mulai Bupati, Bawaslu, Polres, DPD KNPI, hingga para pimpinan OKP sejawat HMI, PII, GMNI, KAMMI, Hima Persis dan lainnya yang ada di Garut.

Adapun agenda Muscab adalah membahas Laporan Pertanggungjawaban Pengurus DPC SEMMI Kab. Garut masa jihad 2019-2022, menyusun program kerja (van actie) 2022-2025, dan pemilihan Ketua Cabang yang baru.

Sesi pertama dimulai dengan acara pembukaan yang dibuka oleh Ketua Umum DPP SEMMI, M. Azizi Rois.
“Perubahan dan membangun peradaban itu tidak dilahirkan dari mayoritas. Tetapi dibentuk oleh minoritas yang kreatif mau bergerak. Dan kalian sebagai kader-kader SEMMI lah yang harus memantaskan diri untuk perankan itu!” arahan Azizi yang menggelegar, disambut riuh tepuk tangan yang bersemangat dari seluruh peserta.

Puluhan kader SEMMI yang hadir merupakan perwakilan pengurus dari 12 komisariat besar kampus yang ada di Garut, seperti Tjokro Institute, Universitas Garut (UNIGA), Institut Pendidikan Indonesia (IPI), Sekolah Tinggi Hukum (STH), STAIDA, STAI Siliwangi, STAI Al-Musadadiyah, STISIP SAINS, STAIM, Universitas Bhakti Kencana, STIKES Karsa Husada, dan kampus lainnya tampak memadati dan meramaikan suasana Dialog Publik.

Berbagai pertanyaan dengan analisis tajam yang terlontar dari peserta, mewarnai dialog yang hangat dan berkualitas dengan dialektika dari kalangan intelektual muda.

Setelah coffee break, acara dilanjutkan dengan persidangan-persidangan.
Di Sidang Pleno 1 yang membahas agenda dan tata tertib saja, kembali terasa memanas suhu perhelatan antar peserta dengan ragam argumentasi berkualitas dari masing-masing.

Lanjut di sidang pleno 2, jajaran pengurus DPC SEMMI Kab. Garut menyampaikan laporan pertanggungjawaban amanah tugas-tugasnya, namun kembali disambut dengan saling lempar narasi untuk evaluasi dan kritik “pedas” membangun untuk perbaikan ke depan. Dan akhirnya, pengurus lama dinyatakan Demisioner.

Di sidang pleno ke 3, masing-masing wufud yang mewakili komisariatnya dibagi ke dalam 4 komisi yang memabahas keorganisasian, program kerja, RAPBO dan Corp SEMMI-Wati (COMMITI).

Dan yang paling bergengsi adalah dinamika pada penentuan calon Ketua Cabang. Dari hasil survey Litbang Korwil SEMMI Jawa Barat, sebelumnya mensosialisasikan ada sekitar 10 nama yang diprediksi muncul pada sidang ini.

Namun, ternyata dari perwakilan 12 komisariat kampua yang hadir, mengusulkan 6 nama berikut :
1. Rifki Nur Fauzi, S.M. dari Tjokro Institute.
2. Ihsan Jamaludin (STISIP SAINS)
3. Ahmad (Sekolah Tinggi Hukum)
4. Faisal Amir (Universitas Garut)
5. Wahyu Suparman (STAIDA)
6. Fauzan Muharam (Universitas Garut)

Dari perang bintang perebutan SEMMI Garut 1 oleh para Ketua BEM, Presiden Mahasiswa, dan Ketua HIMA di kampusnya masing-masing itu, terjadi cukup alot seiring malam yang semakin larut.

Berawal dengan membentuk tim formatur yang terdiri dari wakil komisariat untuk musyawarah mufakat, masih belum ada titik temu dan berujung dilakukannya voting dua nama yang kuat dan panas diperbincangkan. Yaitu Fauzan Muharram, seorang aktivis mahasiswa UNIGA yang menjadi peserta pertukaran mahasiswa di Aceh, dan Rifki Nur Fauzi lulusan UNIGA yang aktif sebagai staf kemahasiswaan di Tjokro Institute.

Setelah beberapa kali akumulasi suara terjadi “draw”, bahkan sampai terjadi ditetapkan Presidium untuk pemilihan langsung “one man ine vote” oleh seluruh peserta yang hadir

Maka, akhirnya pertarungan pun dimenangkan oleh Rifki Nur Fauzi, S.M. yang berhak memimpin DPC SEMMI Kab. Garut tiga tahun ke depan.

Selamat dan sukses! Semoga pengurus baru dapat menjalankan amanah dengan ikhtiar terbaik untuk menjalankan Islam seluas-luasnya dan sepenuh-penuhnya…
( Red )