Raden Marlan: Memajukan UMKM Melalui Ekonomi Kerakyatan

UMKM adalah sumber potensi besar yang perlu kita gali bersama. Dengan memberdayakan UMKM

Ekonomi, Politik656 Dilihat

 

Garut,Sinarpriangan News 

H. Raden Marlan, Calon Legislatif DPR RI Dapil IX Jabar (Kab. Garut, Kab. Tasik, Kota Tasik) No 9 Fraksi PPP, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan ekonomi kerakyatan, terutama dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Minggu 31 Desember.

Dalam pernyataannya pada hari Sabtu (30/12/2023), ia menekankan pentingnya memberdayakan UMKM sebagai motor penggerak ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“UMKM adalah tulang punggung ekonomi kita, terutama di daerah Jabar, khususnya di Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya. Sebagai wakil rakyat, saya berkomitmen untuk fokus memajukan sektor UMKM agar dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kehidupan masyarakat di daerah Dapil IX,” ungkap Raden Marlan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa UMKM memiliki peran strategis dalam menciptakan lapangan kerja, menggerakkan perekonomian lokal, dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Oleh karena itu, ia berencana untuk mendorong kebijakan yang mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM.

“Saya akan berupaya mengusulkan kebijakan-kebijakan yang mendukung UMKM, seperti penyediaan akses permodalan yang mudah, pelatihan dan pendampingan bagi pelaku UMKM, serta memperkuat kerjasama antara UMKM dan pemerintah daerah,” tambahnya.

Raden Marlan juga menyoroti pentingnya menciptakan ekosistem yang kondusif bagi UMKM. Ia menekankan bahwa pemerintah perlu memastikan regulasi yang mendukung pertumbuhan UMKM, melibatkan sektor swasta dan pihak terkait untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang kondusif.

“Dalam memajukan UMKM, kita tidak bisa bekerja sendiri. Perlu adanya kerjasama lintas sektor, melibatkan pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Saya akan berjuang untuk menciptakan ekosistem yang mendukung agar UMKM dapat berkembang maksimal,” tegasnya.

Pernyataan Raden Marlan mencerminkan kesadaran akan peran krusial UMKM dalam menghadapi dinamika ekonomi. Dalam wawancaranya, ia juga menggarisbawahi pentingnya memberikan ruang bagi inovasi dan kreativitas para pelaku UMKM sebagai kunci untuk meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif.

 

“UMKM adalah sumber potensi besar yang perlu kita gali bersama. Dengan memberdayakan UMKM, kita juga turut membangun ekonomi kerakyatan yang berkeadilan dan berkelanjutan,” pungkas Raden Marlan.

 

Pewarta:

Alfatih