Produk Kulit Garut Mampu Memukau Panggung Internasional di New York Fashion Week 2023

Ekonomi399 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Brand produk kerajinan Garut Kulit, yang terkenal dengan kreativitasnya dalam mengolah bahan kulit asal Kabupaten Garut, mencatatkan prestasi gemilang di panggung internasional. Garut Kulit berhasil terpilih sebagai salah satu peserta yang memeriahkan New York Fashion Week yang digelar pada tanggal 9 September 2023 di Canoe Studios, New York City.

Awal mula perjalanan Garut Kulit di industri fesyen bermula dari Sumarni Rifemi, atau lebih akrab disapa Ani, yang sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan perminyakan internasional. Pada tahun 2013-2014, Ani memulai dengan menjadi reseller, menjual jaket kulit asal Garut kepada rekan kerjanya.

“Itu juga saya belum punya karyawan waktu itu tahun 2013-2014an lah,” ucapnya Kamis (21/9/2023).

Dengan pengalaman dan pelatihan yang diperoleh dari beberapa negara selama bekerja, Ani mulai mengekspor produk berbahan kulitnya ke berbagai negara pada tahun 2015.

“Saya dibantu sama teman saya, yang kebetulan teman saya itu punya hotel di Afrika, terus dia itu butuh keperluan untuk hotelnya. Jadi saya waktu itu ekspor kulit untuk hotelnya dia,” ungkapnya.

Garut Kulit terus meraih prestasi luar biasa, termasuk ketika mereka diundang untuk berpartisipasi dalam New York Fashion Week oleh Flying Solo, departemen store terkenal di New York yang mendukung merek-merek indie dari seluruh dunia.

“Dia ini mengundang saya untuk ikutan seleksi lewat email, terus saya ikutan seleksi, saya daftar terus saya submit itu koleksiannya, lalu ternyata saya diterima untuk menampilkan produknya di New York Fashion Week gitu,” jelasnya.

Dengan persiapan yang dimulai sejak April, Garut Kulit berhasil mempresentasikan koleksi “Komodo” yang memukau dengan aksen-aksen komodo pada tas-tasnya, memperlihatkan elemen khas Indonesia.

Dalam perhelatan NYFW ini, Garut Kulit mempersembahkan 8 koleksi produk tas kulit yang semuanya dihiasi dengan aksen komodo yang unik. Respon positif dari audiens dan media internasional semakin menarik perhatian dunia terhadap produk ini.

“Kenapa saya memilih komodo, karena itu kan khas Indonesia banget ya komodo, gak ada lagi di negara lain yang punya komodo, jadi ada nilainya, ada value-nya, ada pembedanya, kalau yang lain pembedanya cuman warna, model, ini saya masukin komodo jadi unik gitu kan,” tuturnya.

Setelah sukses besar ini, Ani berharap produk kulit asal Indonesia, khususnya Garut Kulit, dapat lebih dikenal baik di dalam maupun di luar negeri. Prestasi ini diharapkan juga dapat membantu meningkatkan citra produk kulit Indonesia secara global.

“Kami ingin orang-orang semakin tertarik untuk memproduksi produk-produk kulit mereka di Indonesia, yang merupakan salah satu produsen kulit terbesar di dunia,” katanya.

Dengan demikian, Garut Kulit telah mencatatkan prestasi luar biasa dalam New York Fashion Week 2023 dan berharap akan membawa dampak positif bagi industri kulit Indonesia secara keseluruhan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mengapresiasi atas prestasi luar biasa yang dicapai Garut Kulit di kancah internasional. Melalui Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut, Ridwan Effendi, Jum’at (22/9/2023), mengungkapkan, melalui event tersebut dapat lebih menguatkan produk unggulan di Kabupaten Garut di kancah dunia.

Ridwan mengatakan, bahwa tidak hanya di New York, beberapa waktu sebelumnya Bupati Garut, Rudy Gunawan juga telah mempromosikan produk kulit khas Garut ke beberapa negara. Menurutnya, produk kulit khas Garut sudah tidak hanya menjadi ikon Kabupaten Garut, namun saat ini sudah menjadi ikon Jawa Barat, bahkan Indonesia.

Ridwan berharap, prestasi Garut Kulit di New York Fashion Week adalah awal dari perjalanan yang lebih besar, di mana prestasi di New York Fashion Week ini bukan hanya menjadi kebanggaan Kabupaten Garut, tetapi juga menjadi inspirasi bagi industri kulit Garut untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakatnya.

“Tentu dengan adanya event itu kita berharap Kulit Garut ke depan bisa lebih mendunia lagi, dan bisa memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Garut,” pungkasnya.

baca juga: SMK Al Mukhtariyah Gelar Perkemahan, Siswa Diharapkan Jadi Generasi Unggul