Pemkab Garut Dapat Hibah 7 Mobil dari Pemerintah Jepang

Berita141 Dilihat

JAKARTA, Sinarpriangan.com – Kerja sama antara Kabupaten Garut dengan Pemerintah Jepang khususnya melalui Japan Firefighter Association (JFA) terus berlanjut, setelah dulu pada tahun 2017 silam Kabupaten Garut menerima 4 unit kendaraan pemadam kebakaran (damkar), tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut kembali menerima hibah 7 unit kendaraan dari JFA.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Garut, Eded Komara Nugraha, yang mengonfirmasi langsung pemberian hibah mobil tersebut kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Sabtu 25 Februari 2023.

Untuk diketahui, Japan Firefighter Association (JFA) atau Asosiasi Pemadam Kebakaran Jepang adalah sebuah perkumpulan Pemadam Kebakaran yang berkantor pusat di Kota Tokyo

Eded menjelaskan, 7 unit kendaraan yang terdiri dari 3 unit Damkar dan 4 unit ambulans ini, kini sudah berada di Kabupaten Garut, dan baru didatangkan di Pelabuhan Tanjung Priok pada Sabtu shubuh (25/02/2023).

baca juga: Kantor Rusak, Pegawai Korwil Pendidikan Pamulihan Minta Perhatian yang Sama

Adapun jenis mobil damkar yang dihibahkan ke Disdamkar Garut antara lain 1 unit mobil pancar, 1 unit mobil komando, dan 1 unit mobil pengangkut armada.

baca juga: Buka Musrenbang Pemuda, Sekda Garut Berpesan Kuasai Teknologi Komunikasi

Sedangkan 4 unit ambulans yang dilengkapi peralatan kegawatdaruratan , seperti dituturkan Sekretaris Dinas Kesehatan, dr. Leli Yuliani, diproyeksikan guna meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. “Kami akan melakukan rapat Senin lusa apakah nantinya dimanfaatkan oleh Rumagh Sakit (dr. Slamet) atau Puskesmas atau sebagai PSC 119 (Public Safety Center atau layanan cepat tanggap darurat kesehatan) di Dinas Kesehatan,” ucapan Leli.

baca juga: Kantor Rusak, Pegawai Korwil Pendidikan Pamulihan Minta Perhatian yang Sama

Rencananya, ke-7 unit kendaraan hibah dari Pemerintah Jepang ini akan dihadirkan dan ditunjukkan oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam apel gabungan, di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut Senin lusa.