Pemerintah Kabupaten Garut kembali Menggelar Apel Gabungan

Peran Penting Sekretaris Dinas : Bupati Garut Ajak Monitoring Lapangan

Pemerintahan307 Dilihat

 

Garut,Sinarpriangan.com

Pemerintah Kabupaten Garut kembali menggelar Apel Gabungan di Lapang Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut, Senin (13/11/2023). Bupati Garut, Rudy Gunawan, memimpin acara tersebut yang dihadiri oleh Wakil Bupati, dr. Helmi Budiman, Sekretaris Daerah, Nurdin Yana, para staf ahli bupati, Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Garut, para pimpinan BUMD serta para pegawai di lingkungan Pemkab Garut.

Dalam kesempatan ini, Bupati Rudy Gunawan melantik 23 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam Jabatan Administrasi dan 13 PNS dalam Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemkab Garut. Prosesi pelantikan juga menjadi panggung bagi beberapa PNS yang mendapatkan promosi, termasuk Deden Nurdiana, Sekretaris Kelurahan Ciwalen Kecamatan Garut Kota, yang kini menjabat sebagai Lurah Cimuncang.

Selain itu, Bupati mengumumkan pergantian Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut. Edy Kuntoro, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR Garut, kini menjabat sebagai Sekretaris Dinas.

Rudy Gunawan menekankan pentingnya peran sekretaris sebagai pengendali Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di dinas, mengimbau agar mereka tidak hanya berada di kantor, tetapi juga melakukan monitoring lapangan untuk memberikan laporan kepada kepala dinas.

“Saudara jangan mau melihat DU-nya saja yang begitu besar, yang dibagi-bagi, tapi saudara harus melihat bagaimana pekerjaan itu sesuai dengan kualifikasi, tentu sesuai dengan harapan kita semua,” katanya.

Bupati Garut juga berharap adanya penguatan di dinas-dinas, khususnya di dinas kesehatan, untuk mencapai kinerja yang lebih baik ke depannya.

“Saya berharap saudara-saudara dapat bekerja dengan baik dan bersungguh-sungguh,” tambahnya.

Sedangkan kepada para lurah, Bupati Rudy Gunawan berpesan agar bisa bekerja dengan baik, karena menurutnya anggaran yang ada di kelurahan merupakan tanggung jawab dari lurah.

“Anggaran yang ada di kelurahan tanggung jawab saudara, termasuk dana kelurahan, meskipun dikerjakan oleh Tokmas, tapi saudara mempunyai tanggung jawab supaya program tersebut sesuai dengan ketentuan,” tegas Rudy.

(Dede Mulyana)