Masyarakat Garut Mendapatkan Bahan Pokok Terjangkau Melalui Operasi Pasar Murah

Berita128 Dilihat

GARUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar Operasi Pasar Murah bekerja sama dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog). Acara ini dilaksanakan di Kantor Metrologi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut pada Rabu (21/02/2024).

Menurut Kepala Disperindag ESDM Kabupaten Garut, Ridwan Effendi, Operasi Pasar Murah ini merupakan bentuk respon dan upaya bersama terkait kenaikan harga bahan pokok, khususnya beras, dan diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat.

Lebih lanjut, Ridwan menyampaikan bahwa dalam operasi pasar ini, bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir, dan terigu dijual dengan harga terjangkau. Khusus untuk komoditas beras, pihaknya pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah desa atau kelurahan setempat mendistribusikan 400 kupon. Dia berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara bertahap dan dapat merata di beberapa titik lainnya.

“Ya (untuk pendistribusian kupon) kita dikoordinasikan dengan pihak pemerintah desa ataupun kelurahan setempat di sini, walaupun mungkin memang sangat tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas,” ungkap Ridwan di sela-sela pelaksanaan Operasi Pasar Murah.

Satu kupon memungkinkan pembelian maksimal 2 karung beras SPHP, dengan harga Rp54.500 per karung. Stok beras yang disiapkan sekitar 4 ton atau sekitar 800 karung.

Selain beras, bahan pokok lain seperti minyak goreng, gula pasir, dan terigu juga tersedia tanpa memerlukan kupon.

Ridwan berharap kegiatan Operasi Pasar Murah dapat dilaksanakan di berbagai tempat agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

“Kita lagi coba koordinasikan lagi karena yang meminta untuk operasi pasar murah ini sangat banyak di tiap kabupaten/kota itu ya, ini kan Bulog Ciamis ya kita melihat kesediaan bahan stok beras atau stok pangan yang ada di Bulog sendiri,” tandasnya.

Berikut harga beberapa bahan pokok yang ada di Operasi Pasar Murah yang dilaksanakan di Kantor Metrologi Disperindag ESDM Kabupaten Garut :
1. Beras SPHP Kemasan 5 Kg
Harga : Rp54.500
2. Gula Manis Kita Kemasan 1 Kg
Harga : Rp16.500
3. Minyak Goreng Kita Kemasan 1 Liter
Harga : Rp15.500
4. Terigu Kita Kemasan 1 Kg
Harga : Rp11.000