Klasemen Sementara POPDA XIII Jabar, Kabupaten Garut Raih 3 Perak dan 14 Perunggu

Olah raga75 Dilihat

KOTA BANDUNG – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XIII Tingkat Jawa Barat telah resmi dibuka. Pembukaan POPDA Jabar XIII dilaksanakan di Gedung Youth Center Sport Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (5/7/2023).

POPDA sendiri sebagai ajang pembibitan atlet dan diapresiasi oleh berbagai pihak, termasuk Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Deputi Kebudayaan Olahraga Menpora RI, Raden Isnanta, menyampaikan bahwa pelaksanaan POPDA ini merupakan sebuah semangat kolaborasi dalam mencetak atlet berprestasi. Ia menyatakan, Jawa Barat pantas juara, apalagi melalui POPDA ini bisa menjadi pintu utama agar Jabar mampu mempertahankan predikat juara dalam berbagai kompetensi olahraga.

“Beberapa bulan lagi kita akan menggelar Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) di Palembang. Berarti adik-adik yang terbaik ini akan beradu kebolehan dengan provinsi lain. Kita buktikan bahwa Jabar benar-benar kahiji,” ucapnya.

Ia juga berharap, pelajar dari Jabar tidak hanya menjadi nomor satu di Indonesia, tetapi juga harus mampu berprestasi di ajang internasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Garut, Ade Hendarsyah, mengatakan, POPDA hendaknya tidak hanya menjadi agenda rutin multi event semata, namun juga harus menjadi titik lanjut pembibitan dan pembinaan olahraga yang harus dilaksanakan dengan konsisten

“Melalui POPDA ini, berharap akan terjaring bibit-bibit potensial atlet pelajar berbakat yang akan dibina lebih lanjut, agar dapat berprestasi,” ujar Ade.

POPDA, sebut Ade, merupakan wahana untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, kesehatan, kebugaran, dan sekaligus sebagai media untuk mengembangkan minat dan bakat pelajar di bidang olahraga. Ia berharap, satuan pendidikan di bidang keolahragaan dapat memantau, menggali, dan membina potensi para pelajar.

Dalam pembukaan ini, kontingen POPDA XII Jabar asal Kabupaten Garut hadir dengan kekuatan 15 cabor dan 107 atlet. Sementara terkait klasemen perolehan medali per-tanggal 5 Juli 2023, Kabupaten Garut sudah mengumpulkan 3 medali perak dan 14 medali perunggu.