HUT ke-78 RI di Garut : Fun Games Sebagai Wujud Silaturahim dan Kebahagiaan

Berita194 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (RI) yang ke-78, Pemerintah Kabupaten Garut menggelar Fun Games yang berlangsung meriah di Lapang Sekretariat Daerah, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut Selasa (15/08/2023). Acara tersebut diikuti oleh para pegawai dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Garut.

Dalam acara yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, terlihat semangat peserta dalam mengikuti berbagai lomba menarik. Eksibisi baris-berbaris dengan mata tertutup menjadi atraksi awal yang menyita perhatian, melibatkan Sekda Garut, para asisten daerah, dan Kepala SKPD.

Menurut Sekda Nurdin Yana, fun game ini bukan hanya sekadar perayaan, tapi juga merupakan upaya Pemkab Garut dalam merajut kembali tradisi dan menghidupkan permainan tradisional. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat silaturahim di antara para pegawai dan meningkatkan kebahagiaan antar peserta, sebagaimana tagline yang kerap digaungkan Bupati Garut, Rudy Gunawan, yakni Di Sini Senang Di Sana Senang.

Ia berharap, momentum ini akan menjadi pengikat silaturahmi dan kebersamaan dari para pegawai di lingkungan Pemkab Garut, sehingga para pegawai dapat melaksanakan tugas pokok sesuai dengan fungsinya masing-masing dengan baik.

Nurdin menambahkan, kegiatan ini juga bisa menstabilkan fisik dengan adanya beberapa lomba yang memerlukan gerakan intens seperti tarik tambang, dan beberapa perlombaan lainnya.

“Kerjasama itu dibangun bukan bekerjasama saja lebih, bekerja sama jadi kita bekerja bersama-sama, bekerja sama saling toleransi, saling mengingatkan kembali,” ujarnya.

Berbagai jenis lomba dirancang untuk memupuk kolaborasi dan semangat kebersamaan. Perlombaan seperti egrang, balap karung, balap bakiak, dan lomba estafet air menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, lomba tarik tambang juga menguji kekompakan dan kerjasama tim.

Eded Komara Nugraha, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Garut, selaku penanggungjawab fun games ini, mengungkapkan rasa syukurnya atas kesempatan menyelenggarakan acara ini. Ia berharap kegiatan fun games ini dapat mempererat tali persaudaraan di antara aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Garut.

“Seperti yang tadi disampaikan sama Pak Sekda, dan Pak Bupati. Kita ini (harus) di sini senang, di rumah senang, di kantor senang, di mana-mana senang, ini untuk mempererat tali silaturahmi diantara ASN Kabupaten Garut setiap SKPD,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini ke depannya dapat menumbuhkan jiwa korsa dan persaudaraan antar pegawai di lingkungan Pemkab Garut.

“Harapan saya terkait ini kita ada rasa _happy-_lah, kita ada rasa gembira. Jadi dengan adanya hati gembira itu adalah salah satu obat, itu aja yang bisa saya harapkan,” tandasnya.

Dengan berbagai lomba yang menantang dan penuh semangat, perayaan HUT RI ke-78 di Garut tidak hanya menjadi momen merayakan, tetapi juga menghidupkan kembali nilai-nilai tradisional dan memperkuat ikatan antar pegawai di lingkungan Pemkab Garut.

baca juga: PKBM Darul Qalam Muhammadiyah Garut Menerbangkan Semangat Berhiber

baca juga: Agung Makmur Tani (AMT) Produksi dan Penjualan Beras Berkualitas