fakta Mengejutkan Pohon Bajakah , penyembuh kanker yang dirangkum Sinarpriangan.com dari berbagai sumber.

Tanaman Bajakah ini hanya diambil bagian akarnya saja yang mana selanjutnnya diproses untuk dijadikan ramuan akar Bajakah. Ramuan tradisional khas Kalimantan Tengah ini secara ilmiah mampu menyembuhkan penyakit kanker dan tumor

Berita, Kesehatan611 Dilihat

 

Sinarpriangan.com– Indonesia terkenal sebagai limbungnya Tanaman Obat dan Herbal , Salahsatunya yang baru -baru ini ditemukan oleh tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya, yaitu Yazid, Aysa Aurealya Maharani, dan Anggina Rafitri.

Tanaman Bajakah ini hanya diambil bagian akarnya saja yang mana selanjutnnya diproses untuk dijadikan ramuan akar Bajakah. Ramuan tradisional khas Kalimantan Tengah ini secara ilmiah mampu menyembuhkan penyakit kanker dan tumor

Awal mula penelitian berdasarkan penyataan salah satu siswa tersebut, Yazid yang mengatakan bahwa terdapat tanaman di Kalimantan Tengah yang mampu menyembuhkan sel kanker yang sering digunakan oleh keluarganya.

Penelitian awal dengan uji coba pada laboratorium sekolah mereka. Uji coba dilanjutkan dengan uji sampel menggunakan dua ekor mencit atau tikus berwarna putih yang mana sudah disuntikkan zat pertumbuhan sel tumor atau kanker.
BACA JUGA :

Selalu Terlewati “dari pantauan pemkab garut padahal kampung ini lebih parah kebanjiranya

Ketiga siswa SMA tersebut, memberikan obat penawar yang bebeda pada dua tikus tersebut, yaitu air bawang dayak dan air campuran Bajakah. Penelitian tersebut membuktikan pada objek sampel yang diujikan (tikus) yang telah diberikan ramuan air Bajakah berhasil menghilangkan sel tumor pada tikus tersebut.

Keberhasilan penelitian tersebut ditindaklanjuti dengan bekerja sama pada pihak laboratorium Universitas Lambung Mangkurat di Kalimantan Selatan dan membawa hasil penelitian tersebut pada ajang kompetensi nasional, yaitu Youth National Science Fair (YNSF) 2019 hingga Kancah internasional, yaitu World yaitu World Invention Olympic (WICO) di Korea Selatan.

Diketahui Tanaman Bajakah Berasal dari Kalimantan Tengah , Tanaman yang tumbuh di salah satu hutan lebat ini berasal dari Pulau Kalimantan, lebih tepatnya berada di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

karena adanya ketakutan dari berbagai pihak yang akan mengeksploitasi hutan di Kalimantan ini lokasi masih dirahasiakan penemunya.

Sebenarnya keberadaan tanaman ini sudah dikenal beberapa warga asli di sana, tapi untuk pemanfaatannya belum dilakukan sepenuhnnya.

Tanaman bajakah atau biasa disebut Bajakah Tunggal ini hanya hidup di bagian terdalam hutan, yang memiliki lahan gambut dan ditumbuhi dengan pohon-pohon langka. Jadi, tak heran keberadaan hutan disembunyikan untuk menjaga alam tetap terjaga. ( red)***