Burayot Makanan Khas Garut

Artikel, Berita743 Dilihat

Garut,Sinarpriangan.com Garut selain terkenal dengan domba adu dan dodol, garut juga punya makanan khas yaitu burayot.

Burayot adalah makanan ringan  yang rasanya manis terbuat dari bahan tepung beras, gula merah, dan gula putih. Burayot sering ditemui ditoko oleh-oleh dibeberepa kecamatan dikabupaten garut, seperti dileles, kadungora, wanaraja dan kecamatan-kecamatan lainya. Burayot juga bisa menjadi destinasi wisata kuliner untuk anda yang belum mencobanya.

 

Berikut cara membuat burayot khas Garut dan bahan-bahannya. Pertama tama siapkan tepung terigu gula merah, gulaputih dan air secukupnya, masukan bahan gula merah dan gula putih kedalam wajan/katel, lalu panaskan dengan api sedang aduk sampai adonan tercampur rata, jika adonan sudah mengental dan di rasa cukup angkat wajan masukan tepung beras dan aduk lagi sampai rata, lalu siapkan tempat untuk pencetakan adonan biasanya menggunakan media pelastik supaya adonan tida nempel, ambil adonan bulat bulat kecil dan dipres supaya adonan merata, lalu siapkan wajan dan minyak, nyalakan api secukupnya saja satelah di rasa minyak sudah panas masukan adonan kedalam minyak yang panas dan angkat setelah dirasa matang biasanya adonan mengangkat kepermukaan kurang lebih 15-20 detik setelah adonan di goreng, angkat dengan menggunakan lidi/ media yang sama seperti tusuk sate supaya terbuat bentuk cirikhas dari burayotnya.

 

Burayot sebenarnya di temukan sudah lama, bahkan ada yang bilang di temukan di jaman masa penjajahan belanda. namun burayot dikenal beberapatahun ini setelah banyaknya pedagang rumahan menjajahkan jualannya. Burayot sendiri berasal dari bahasa sunda burayot asal katanya ngaburayot/bergelantungan, burayot sendiri di jual di garut di kisaran harga 10-20 ribu.

Burayot cocok untuk makanan saat kumpul keluarga, lebaran dan hajatan/pesta. Dan biasanya di jadikan oleh-oleh khas yang unik oleh siapa saja yang berkunjung ke garut.