Bupati Garut Buka Bimtek Tata Cara Penggunaan Aplikasi e-Kinerja BKN

Berita385 Dilihat

Garut, Sinarpriangan.com –  Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Cara Penggunaan Aplikasi e-Kinerja Badan Kepegawaian Nasional (BKN) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Harmoni, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Kamis (13/4/2023).

Bupati Garut mengungkapkan, bahwa bimtek yang diikuti 100 peserta ini sangat penting untuk bisa memberikan satu kepastian terhadap peningkatan kinerja yang terukur. Ia mengingatkan, bahwa ASN harus dapat bekerja dengan baik karena sudah mendapatkan gaji dari negara.

“Jadi kinerja itu kan saudara digaji, kerjanya apa, kalau saudara kerja di swasta itu harus ada apa yang dilakukan ketika negara menggaji saudara. Saudara dapat SPPD, saudara dapat ini, nggak bisa lagi main-main ke depan,” ucap Bupati Garut.

Ia menambahkan, bahwa Peraturan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) No. 6 Tahun 2022 Tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara merupakan peraturan yang berkonotasi terhadap perkembangan karir ASN. Karena itu akan menyangkut mengenai yang berhubungan dengan performance dan kinerja seseorang yang diukur secara objektif mempunyai hasil yang terukur, dan itu dijadikan dasar sebagai prestasi sehingga mendapatkan tunjangan kinerja.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Garut, Jajat Darajat, menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada pegawai dalam menggunakan aplikasi e-Kinerja BKN sehingga dapat digunakan secara efektif dan efisien. Terakhir ia mengatakan, bahwa sasatan kegiatan ini adalah ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut selain guru dan tenaga kesehatan.

“ASN yang mengikuti acara ini diharapkan mampu menerapkan aplikasi e-Kinerja BKN, memiliki pemahaman yang sama tentang pengelolaan kinerja melalui aplikasi e-Kinerja BKN, meminimalkan kesalahan dan masalah dalam menggunakan sistem e-Kinerja BKN,” tandasnya.