Barnas Adjidin Hadiri Silaturahmi dan Istighosah Kubro di Kantor Kemenag Garut

Pemerintahan132 Dilihat

Garut,Sinarpriangan News

Penjabat ,(Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, hadir dalam acara Silaturahmi dan Isghosah Kubro yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut, di Masjid Al-Muwadhif, Kantor Kemenag Garut. Acara digelar dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan serta mempererat hubungan antara Pemerintah Kabupaten Garut dengan Kantor Kemenag.

Dalam sambutannya, Barnas menyampaikan komitmennya untuk memberikan sumbangsih kepada Kantor Kemenag Garut selama masa jabatannya sebagai Penjabat Bupati. Ia menekankan pentingnya kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Garut dan Kantor Kemenag untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang keagamaan.

Barnas menekankan agar SDM di lingkup Kantor Kemenag profesional, semacam Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dikerjasamakan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di Lingkungan Pemkab Garut, guna memperkuat urusan keagamaan di Kabupaten Garut.

“Sarana prasarana ini adalah sesuatu hal yang pokok, yang harus dipersiapkan, mungkin nanti secara lambat laun kita juga ingin menyentuh organisasi-organisasi apa sih sarana yang harus dipenuhi,” ujar Barnas.

Barnas juga menyoroti pentingnya peningkatan sarana dan prasarana serta sosialisasi kegiatan keagamaan kepada masyarakat. Ia mengusulkan pembuatan media sosialisasi kepada masyarakat, salah satu yang bisa dilakukan, yakni pembuatan media sosialisasi terkait berakhlak mulia, yang bisa dipajang di sekolah-sekolah.

“Bahkan saya tidak tinggal instruksikan saja, semua dinas harus masang ini, semua sekolah yang di bawah Pemda harus pasang ini. Jadi nggak ada yang sulit sebenarnya untuk sosialisasi, tapi itu harus ada kesepakatan sehingga betul-betul apa yang kita lakukan itu bermakna, seperti itu,” ucapnya.

Selain itu, Barnas juga menyoroti pentingnya digitalisasi dalam bidang keagamaan, agar informasi dan administrasi menjadi lebih mudah diakses dan diatur.

Administrasi di perkantoran pun menurutnya, saat ini seharusnya tak bertumpuk di meja, karena dokumen-dokumen tersebut sudah bisa dilakukan secara digital dan bisa diakses melalui _gadget_.

Ia berharap agar kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Garut dan Kantor Kemenag semakin terjalin erat demi kemajuan urusan keagamaan di Kabupaten Garut.

Pewarta:

Dede Mulyana