432 Jamaah Haji Kloter 2 Gelombang 1 asal Garut Dilepas dan Diberangkatkan di Pendopo

Berita288 Dilihat

Garut,Sinarpriangan News

Sebanyak 432 jamaah haji ditambah 8 petugas haji Kloter 2 Gelombang 1 asal Kabupaten Garut, dilepas dan diberangkatkan oleh Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut, Bambang Hafidz, di area Pendopo Garut, Jalan Kabupaten, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jum’at malam (10/05/2024). Dalam pelepasan jamaah haji, Asda I bersama Kepala Kepolisian Resor (Polres) Garut, AKBP Rohman Yonky Dilatha, dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut, Saepulloh.

Suasana haru menyelimuti pelepasan jamaah haji, yang akan melaksanakan rukun islam ke-5 ini. Para pengantar yang datang dari berbagai daerah di Kabupaten Garut, nampak memadati area Jalan Kabupaten, menyaksikan langsung keberangkatan keluarga tercinta untuk menunaikan ibadah haji.

Suara sirine dari mobil patroli dan pengawal (Patwal) Polres Garut menandai keberangkatan 12 bus yang membawa 440 rombongan haji asal Kabupaten Garut untuk berangkat menuju embarkasi di Kota Bekasi.

Lambaian tangan para pejabat yang hadir dan juga para pengantar yang memenuhi jalur pemberangkatan, turut mewarnai prosesi pelepasan dan pemberangkatan jamaah haji.

Asda I Bidang Pemkesra Setda Kabupaten Garut, Bambang Hafidz, menyampaikan rasa syukurnya, karena pemberangkatan bisa berjalan lancar, dan para jamaah serta keluarga pengantar yang hadir pun disiplin, sehingga pemberangkatan bisa dilakukan tepat waktu.

Bambang berharap dalam pelaksanaannya bisa berjalan lancar dan juga para jamaah haji bisa diberikan kesehatan selama menunaikan ibadah di tanah suci.

“Dan yang lebih penting ibadah hajinya bisa diterima Allah SWT karena itu merupakan impian dari semua jamaah, kemudian dapat kembali secara utuh, tadi 432 ditambah 8 (petugas), semuanya dapat kembali dalam keadaan sehat dan jadi haji yang mabrur,” ujar Bambang.

Ia pun berpesan kepada para pengantar untuk senantiasa mendoakan yang terbaik kepada keluarga yang berangkat haji, dan mempercayakan para jamaah kepada para petugas, karena menurutnya mereka sudah dijamin segala halnya oleh pemerintah, dalam hal ini oleh Kantor Kemenag Kabupaten Garut.

“Dari mulai pemberangkatan sampai nanti pelaksanaan di tanah suci dan bisa kembali di tanah air juga itu dijamin pemerintah. Jadi jangan mengkhawatirkan persoalan keluarganya di tanah suci,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Garut, Saepulloh, menuturkan, jika para petugas yang diberangkatkan ini akan berjibaku mewujudkan bagaimana para jamaah bisa nyaman dalam melaksanakan ibadah haji. Para jamaah haji asal Kabupaten Garut, nantinya akan diterima di embarkasi Kota Bekasi sekitar pukul 02.40 dini hari nanti, akan tetapi sebelum ke embarkasi para jamaah akan singgah terlebih dahulu di Sindangreret Karawang, untuk istirahat dan lain sebagainya.

“Insya Allah seluruh jemaah yang tergabung dalam kloter 02 ini sudah siap berangkat dengan niat ikhlas, niat tulus, siap untuk sabar, siap untuk ikhlas, dan siap untuk senantiasa bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, mudah-mudahan Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa melindungi para jamaah yang berasal dari kabupaten Garut,” tandasnya.

Pewarta:

Dede Mulyana