11 Kades Kunker ke Kabupaten Badung Bali  Kerja sama Dengan Pemerintah Desa Kabupaten Garut dan Kabupaten Badung provinsi Bali

Pemerintahan153 Dilihat

Garut,Sinarpriangan News 

11 Kades Kunker ke Kabupaten Badung Bali
Kerja sama Dengan Pemerintah Desa Kabupaten Garut dan Kabupaten Badung provinsi Bali. Kamis 7 Februari 2024


Sebanyak 11 Kepala Desa (Kades) dari Kabupaten Garut, Jawa Barat, selama dua hari melakukan Kunjungan kerja (Kunker) ke Badung Bali.

Tentunya hal itu dalam rangka mempererat hubungan antar daerah. Kunjungan ini bertujuan untuk bertukar pengalaman dan mempelajari program-program pembangunan yang berhasil diimplementasikan di kawasan Badung Bali.

Dikatakan Kepala desa (Kades) Jayaraga, Moch Sam Sakti. Selama kunjungan tersebut, 11 Kades beserta rombongan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut, bertemu dengan pejabat daerah setempat dan melakukan kunjungan ke beberapa lokasi strategis seperti pusat pemerintahan, tempat wisata, dan juga menghadiri acara keagamaan.

Dalam pertemuan dengan pejabat daerah, Kades menyampaikan harapannya untuk dapat memperoleh insight dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai strategi pembangunan yang dapat diterapkan di desanya. Selain itu, Kades juga berkesempatan untuk menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam hal pengembangan potensi desa serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

” Ya tentunya Kunjungan tersebut, diharapkan dapat membawa manfaat bagi kedua belah pihak dalam hal pertukaran informasi, ide, dan pengalaman dalam upaya memajukan pembangunan daerah masing-masing, ucap Sam Sakti saat diwawancarai Awak media diruang kerjanya.

Lanjut Sam Sakti Tentu saja, ada beberapa manfaat ilmu yang bisa diterapkan di daerah, antara lain :

1.Peningkatan Pembangunan Infrastruktur : Ilmu dalam perencanaan dan manajemen proyek dapat membantu dalam pengembangan infrastruktur yang lebih efisien dan efektif, seperti pembangunan jalan, jembatan, irigasi, dan lainnya.

2.Pengelolaan Sumber Daya Alam : Pengetahuan tentang keberlanjutan lingkungan dan teknik-teknik pengelolaan sumber daya alam dapat membantu daerah dalam menjaga ekosistemnya dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang ada.

3.Pengembangan Pariwisata : Ilmu dalam manajemen pariwisata dan pemasaran dapat digunakan untuk mengembangkan potensi pariwisata daerah, meningkatkan kunjungan wisatawan, dan menggerakkan perekonomian lokal.

4.Pengembangan Sumber Daya Manusia : Pengetahuan tentang pendidikan, pelatihan, dan pengembangan SDM dapat membantu dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah, yang pada gilirannya akan mendukung pembangunan ekonomi dan sosial.

5.Peningkatan Pelayanan Publik : Ilmu administrasi publik dan manajemen pelayanan publik dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik, seperti layanan kesehatan, pendidikan, dan administrasi desa.
Keamanan salah satu paktor yang bisa di tiru oleh pemerintahan Desa Kabupaten Garut terutama sinergitas antara pemerintahan dan tokoh adat serta Pecalang (keamanan)
“Dengan menerapkan ilmu-ilmu tersebut secara tepat, daerah dapat mengoptimalkano potensinya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.” Tutupnya.

Dede mulyana