Yuda Puja Turnawan DPRD Kab. Garut Dari Fraksi PDI P, Salurkan Bantuan Terhadap Korban Gempa

Berita616 Dilihat

 

Garut,Sinarpriangan News

Yuda Puja Turnawan DPRD Kab. Garut Dari Fraksi PDI P, Salurkan Bantuan Terhadap Korban Gempa Bumi yang berkekuatan Magnitudo 6,2 SR. yang berpusat di barat Laut Kab. Garut. Selasa 30 April 2024


Pada hari Minggu 28 April 2024 Yuda Puja Turnawan telah menyambangi warga desa dayeuhmanggung dan desa sukamaju kecamatan Cilawu yang rumahnya rusak akibat gempa hari Sabtu 27 April 2024 sekitar pukul 23.29 WIB di barat laut Garut dengan kekuatan magnitudo 6,2 SR.

Antusias Masyarakat Menyambut baik kedatangan Yuda Puja Turnawan DPRD Kab. Garut yang mana telah mendatangi serta memberikan Bantuan langsung kepada Korban Gempa, berupa uang dan paket sembako.
Sedih karena sedang tertimpa musibah dan rumahnya ruksak berat , dan Bahagia karena telah kedatangan Dewan yang sudah mau memberikan Bantuan. Itu yang di rasakan oleh beberapa warga atau masyarakat cilawu yang sempat kami wawancarai.

Yuda memaparkan bahwa di Kec. Cilawu ada 16 rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa, yang tersebar di beberapa desa, diantaranya desa dayeuhmanggung, desa Sukatani, desa Mekarsari dan desa sukamaju.

“Saya sendiri baru bisa sempat menengok rumah pak oleh yang rusak berat di kampung Margadana RT 05 RW 01 desa dayeuhmanggung. kedatangan saya untuk menguatkan hati dan meringankan beban pak oleh dengan memberikan bingkisan sembako dan santunan uang. Untuk sementara pak oleh tinggal di rumah anaknya karena khawatir ada rubuh susulan.
ketika menengok pak oleh saya juga berjumpa dengan Mayor Jenderal TNI (Purn.) Fajar Setyawan, S.I.P. Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, beliau juga ingin mengetahui langsung kondisi penyintas bencana gempa bumi, dalam kesempatan itu beliau menyampaikan akan ada kolaborasi pendanaan dari pemerintah pusat untuk membantu warga yang rumahnya rusak akibat gempa.” Imbuhnya

Yuda juga menambahkan, bahwa akan ada mentri yang datang ke Garut.

“Insya Allah Ibu Risma Menteri Sosial RI juga akan berkunjung ke kabupaten Garut di Hari Selasa besok untuk memberikan bantuan bagi warga yang rumahnya rusak akibat gempa. “Tuturnya

Dari Desa Dayeuhmanggung Yuda Puja Turnawan, lanjut menengok 7 rumah yang rusak di desa sukamaju Cilawu, antara lain rumah milik bapak endeung, ibu Sumarni dan pak Ayi subarnas di kampung Babakan Kadu RT 02 RW 10, rumah bapak Ano dan ibu Dedeh di kampung cimunding RT 01 RW 08, rumah Pak Asep Mardianadi kampung Campaka RT 02 RW 04 dan terakhir rumah pak Udin di RT 04 RW 03.

Menurut Yuda untuk sementara ini berdasarkan laporan yang masuk ke BPBD kabupaten Garut ada 131 rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa, dan pemkab Garut sudah menetapkan status tanggap darurat musibah gempa bumi ini. Dengan ditetapkan status tersebut maka Belanja Tidak Terduga APBD Garut Tahun Anggaran 2024 bisa digunakan untuk kepentingan perbaikan rumah warga yang rusak akibat gempa maupun fasilitas umum yang rusak.” Tandasnya.

 

Pewarta:

Cucu alli