Yayan, Peternak Domba Garut Ingin Lestarikan Kesenian Tradisional Tatar Sunda

Artikel, Ekonomi869 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Seni domba Garut selama ini sudah dikenal luas sebagai kekayaan seni dan budaya masyarakat Kabupaten Garut.

Seni domba Garut tak hanya mencakup adu domba (ketangkasan) saja, melainkan juga meluas kepada domba catwalk yang menampilkan postur dan keindahan tubuh domba itu sendiri.

Tak hanya itu, domba Garut juga sudah lama menjadi penopang roda perekonomian warga Garut dengan bisnis kulit domba dengan beraneka ragam produk turunannya seperti jaket kulit dan lain sebagainya.

Yayan seorang peternak domba Garut dari Kampung Sukaregang, Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, sudah lama bergelut di dunia domba Garut.

Ketika ditemui di tempat ketangkasan domba Garut di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Sabtu 9 Desember 2023, Yayan menceritakan pengalamannya dalam dunia domba Garut.

Usaha yang dipilihnya itu bukan sebatas hobi atau warisan dari orang tua saja, melainkan memang sudah menjadi tekatnya untuk mempertahankan kesenian tradisional di Tatar Sunda.

Yayan juga menjadi pengusaha atau pengepul kulit dan kerajinan jaket kulit dengan nama Girhan Leather. Ia juga bekerja sama dengan peternak domba Garut yang ada.

Dimana Yayan membeli kulit domba dari peternak domba adu karena Girhan Leather membutuhkan kulit kurang lebih 3.000 lembar dalam sebulan. Hal itu juga tentunya membantu perekonomian peternak domba.

Yayan juga diketahui sering mengikuti even kompetisi ketangkasan domba Garut dengan membawa nama Mantili domba miliknya. Kategori kompetisi ketangkasan yang diikutinya antara lain mulai dari adeg, kesehatan, teknik pamindangan, teknik pukulan dan keberanian. Domba milik Yayan selalu memenuhi kelima syarat penilaian tersebut.

Yayan berharap, selain mengangkat budaya seni ketangkasan domba, Ia juga mencoba untuk melestarikan dan mengangkat produk lokal Garut.

“Sehingga perekonomian lokal di wilayah Garut ini bisa mendukung perekonomian nasional di tengah terpaan badai setelah pandemi,” pungkasnya.(fatih)

baca juga: Ahmad Bajuri Apresiasi Gomes Garut Gelar Event Lomba Lagu Tembang Kenangan

baca juga: Ugan Djuanda Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar XI Apresiasi Lomba Tembang Kenangan se-Priangan Timur