Rapat Persiapan Dan Apel Sortir Lipat Kartu Suara Bersama 42 PPK

pengawas untuk menjamin berlangsungnya proses sortir dan lipat suara.

Pemerintahan, Politik563 Dilihat

 

Garut, sinarpriangan News

KPU Kabupaten Garut telah melaksanakan apel kesiapan petugas yang bertempat di Aula KPU Kabupaten Garut bersama 42 PPK, pada tanggal 3 Januari 2024.

Dalam kesempatannya Ketua KPU Kabupaten Garut,memaparkan

“Masing masing PPK mengirimkan 2 orang, mereka yang nantinya di tempatkan sebagai pengawas untuk menjamin berlangsungnya proses sortir dan lipat suara.
Surat suara yang kita keluarkan banyak di sekitar 10213055 lembar, Adapun pekerja pekerja yang melipat kertas suara yang terdata 2000 orang, untuk waktu melipat 1 surat suara yaitu 1 menit, Jadi 1 menit itu kita sudah menghitung, kalau dibagi total jumlah surat suara itu 200000 “Ucap Junaidin Basri selaku ketua KPU Garut.

Lanjut junaidin
“Se’iring dengan waktu yang makin mepet maka kita butuh waktu sekitar 10 hari, artinya waktu yang kita lakukan lebih cepat biayanya lebih mahal .
“Kita harus fokus bukan hanya lipatan , karena ada yang lebih penting, jadi bukan lipatannya, tapi solidnya melihat kualitas surat suaranya.
Bercak,cacat dan Lain-lain, nanti tugas kami ini yang kita ambil dari PPK, ada bagian logistik dan tenaga pendukung di masing-masing kecamatan.
“Sekitar 100 orang nanti akan bertugas untuk melakukan pengawasan, minimal dua kelompok, jadi satu kelompok 10 orang dalam kotak surat suara, itu akan ada 500 teknik kelipatannya.

“Apakah nanti dipakai ke Masing-masing atau kalau kena itu mengikat Kalau surat pergerakan suara-suara itu harus diawasi oleh Keamanan sementara untuk gedung pelipatan suara nanti terpusat di Jalan Guntur Melati, dengan luas 2 lantai parkiran, sehingga leluasa dalam melakukan aktifitas.

Junaidin juga menambahkan bahwa
Pendistrbusian dan tenaga Kerja sudah terdaftar.

“Alhamdulillah yang sudah terdaptar tenaga kerja pelipatan untuk 2007 orang nanti kami bagi dua,sip siang 1000 dan sip Malam 1007, targetnya 10 hari jadi kita terus persiapan dan persediaan Gudang untuk setiap APK sudah bisa didistribuskan. PPK sebetulnya hanya transit APK itu aturannya, sementara PPK diidentifikasi dari 42 hanya ada beberapa yang belum memiliki “Tandasnya

Menurut Junaidin, bahwasanya yang belum ada Gudang,  akan di fasilitasi dan menurut junaidin setiap Kecamatan akan ada 2 orang anggota PPK Logistik dan Tenaga Pendukung.

Pewarta:
Dede mulyana