Promosikan Potensi Garut, Wakil Bupati Hadir menjadi Narasumber di Acara Moscow Fest Edition – Russian Week

Ekonomi101 Dilihat

RUSIA – Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman melakukan kunjungan kerja ke negara Rusia untuk menjadi narasumber pada acara Moscow Fest Editon – Russian Creative Week, Sabtu (8/7/2023).

Dalam kesempatan ini, Wabup Garut didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut, Ridwan Effendi, dan Ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Poppy Dharsono, bertempat di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (RI) untuk Rusia. Rombongan diterima Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus. Sementara, dari perwakilan Rusia sendiri hadir perwakilan Kementerian Ekonomi Pembangunan Rusia, Evgeniya Aksenova, Perwakilan Kementerian Perindustrian Perdagangan Rusia, Victoria, dan Head of Division International Cooperation Department, Oxana Dergach.

Dalam kunjungan selama lima hari (5-9 Juli) ini, Wakil Bupati Garut membawa misi, antara lain potensi kerja sama ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Dalam paparannya, wabup menyampaikan informasi beberapa produk unggulan Garut, di antaranya batik sutera, akar wangi, kulit, kopi, produk kuliner dan kriya lainnya. Selain menawarkan peluang investasi di bidang kesehatan dan wisata Health and Wellness, Wabup Garut juga mengundang para wisatawan Rusia untuk berkunjung ke Garut, mengingat di Garut terdapat banyak tempat wisata yang sangat memukau.

“Alhamdulillah kami sempat memberikan tukar-menukar informasi terkait dengan kebudayaan, kemudian wisata, industri, perdagangan, dan juga peluang-peluang bekerja sama di bidang itu,” ucap Wabup Garut.

Tak hanya itu, Helmi juga mengundang pihak Rusia untuk hadir pada helaran Garut Festival pada bulan Desember 2023. Ia berharap, ke depannya akan ada tindak lanjut kerja sama dengan pihak Rusia.

“Mudah-mudahan kita bisa merintis dan kemudian menindaklanjuti sehingga menjadi suatu proyek yang bisa dilaksanakan di Kabupaten Garut, baik di industri perdagangan maupun yang lainnya,” lanjutnya.

Helmi mengungkapkan, pihaknya merasa terbantu atas bantuan dari Poppy Dharsono, terutama untuk mewujudkan persahabatan yang lebih kuat lagi antara Indonesia dan Rusia.

“Mudah-mudahan sekali lagi kunjungan ini bisa membawa manfaat untuk kami Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Garut,” ucapnya.

Perwakilan Kedutaan RI untuk Rusia, Minister Counsellor Embbesy of The Republic Indonesia, Adi Priatnto menyambut baik, mendukung serta akan memfasilitasi lebih lanjut rencana kerja sama antar kedua belah pihak. Selain itu, Adi mengatakan bahwa pihaknya akan mengoordinasikannya dengan beberapa kementerian lainnya di Indonesia.

Senada dengan perwakilan Kedutaan RI untuk Rusia, Perwakilan Rusia juga menyambut baik rencana kerja sama ekonomi industri dan perdagangan. Pihaknya akan membuka akses yang luas untuk produk Garut bisa menembus pasar Rusia. Selain itu, pihak Rusia sendiri berminat untuk menjajaki investasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Garut.

Sementara itu, perwakilan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Victoria, mengatakan, pihaknya akan segera melakukan MoU dengan Indonesia melalui beberapa Kementerian terkait di Indonesia pada Bulan Oktober mendatang, yang akan dihadiri langsung oleh Wakil Perdana Menteri Rusia, dan Pemerintah Kabupaten Garut akan diundang secara khusus pada kesempatan tersebut.

Di sisi lain, perwakilan Kementerian Ekonomi dan Pembangunan Rusia, Evgeniya Aksenova, menyampaikan bahwa pihaknya sangat senang dapat berbagi informasi tentang potensi di Indonesia khususnya Garut. Ia berharap, nantinya akan ada kerja sama berkelanjutan yang akan diawali pada bulan Oktober mendatang di Jakarta.

Ketua Umum APPMI, Poppy Dharsono, juga berharap kerja sama antara kedua belah pihak dapat berlanjut, mengingat adanya hubungan baik antar negara Rusia dan Indonesia secara politik luar negeri, juga secara emosional di Rusia terdapat pangsa pasar penduduk muslim sebagai pemeluk agama mayoritas terbesar kedua di Rusia.

“Sehingga dengan indonesia memiliki banyak kesamaan secara emosional keagamaan, disamping pasar secara umum lainnya,” ucapnya.

Menurutnya, ekonomi Rusia sangat baik, terlebih pasca adanya peperangan Rusia dengan Ukraina dan sekutunya. Secara ekonomi malah berdampak bagus bagi rusia sebagai negara dengan wilayah terbesar di dunia saat ini.

“Sehingga sangat potensial untuk dijadikan mitra kerja sama oleh Indonesia khususnya oleh Kabupaten Garut,” ujarnya.

Di momen ini Poppy mengajak untuk bersama-sama memasarkan produk Kabupaten Garut di negara Rusia.

“Semoga ke depannya dengan keadaan geo politik yang baru di dunia, kita Indonesia bisa memanfaatkan peluang yang besar dari Rusia,” tandasnya.