Penjabat Bupati Garut : Perlu Sinergitas Nyata untuk Selamatkan Bangsa dari Narkoba

Berita78 Dilihat

GARUT  – Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, menyatakan, diperlukan sinergitas nyata yang dinamis antara berbagai pihak, guna menyelamatkan bangsa dari segala bentuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Hal tersebut disampaikan Barnas ketika memberikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Pengembangan dan Pembinaan Kabupaten Tanggap Ancaman Bahaya Narkoba, yang diinisiasi Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Garut, di Ballroom Hotel Harmoni, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Rabu (28/02/2024).

“Dengan membangun komitmen bersama menciptakan lingkungan bersih narkoba,” ujar Barnas.

Ia juga mengungkapkan dalam upaya mewujudkan lingkungan bersih dari penyalahgunaan narkoba, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah melaksanakan Rencana Aksi Daerah (RAD) di bidang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika (P4GNPN) Tahun 2022-2024

Bahkan, tak hanya itu, imbuh Barnas, Kabupaten Garut pun sudah membentuk tim terpadu P4GN sejak tahun 2020 lalu, melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 353/Kep/953-BKBP/2020.

“Mudah-mudahan P4GN (yang) dikoordinasikan oleh BNN berjaya, lalu kemudian nanti koordinasi dengan Bakesbangpol dan biro (bagian) hukum untuk melihat lagi aturan-aturan hukum yang bisa lebih “menggigit” lagi dari apa yang sudah kita tetapkan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Garut, AKBP Deni Yusdanial, menuturkan, melalui acara ini pihaknya ingin bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder, dalam rangka implementasi penguatan dan fasilitasi P4GN, sehingga P4GN dapat dilakukan dengan baik di Kabupaten Garut.

“Tentu saja hal ini diperlukan komitmen Pemerintah Daerah termasuk pihak terkait dipimpin oleh Bapak Bupati, untuk pelaksanaan program ini menuju Garut bersih narkoba, (baik) di lingkungan pendidikan, lingkungan keluarga, lingkungan pekerja, termasuk lingkungan masyarakat,” tutur Kepala BNNK Garut.

Ia juga menerangkan BNN sebagai institusi penggerak dan pemersatu, harus mampu menggerakkan dan menyatukan seluruh komponen, agar penguatan dan fasilitasi P4GN dilaksanakan dengan sebaik mungkin di Kabupaten Garut.

Adapun output dari kegiatan ini, imbuh Deni, tim kerja yang telah ditetapkan nantinya akan memperoleh penetapan kekuatan legitimasi untuk bersama-sama mencanangkan dan melaksanakan program Bersinar di setiap lingkungan.

“Bagaimana di penegakkan hukum juga ada tim TAT (Tim Asesmen Terpadu), bagaimana di masyarakat juga ada kepala desa ada lurah untuk melaksanakan tugas desa bersinar (atau) kelurahan bersinar, di sekolah juga ada kepala sekolah untuk melaksanakan sekolah bersinar, kemudian tadi juga ada di pesantren, itu semua bukti hadirnya P4GN di lingkungan itu, ketika hadir P4GN tentu saja output-nya adalah ingin lingkungan itu bersih narkoba,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, perwakilan dari MTsN 1 Garut, Nurzaman, mengungkapkan, rasa terima kasihnya kepada Penjabat Bupati Garut dan BNN, yang sudah mempercayakan kepada pihaknya, untuk menjadi salah satu sekolah yang diberikan SK sekolah bersinar.

“Selanjutnya kami mungkin akan mem-follow up dengan membentuk tim di madrasah kami, supaya kepercayaan ini bisa kami implementasikan di lingkungan madrasah kami,” tandasnya.

Ia berharapan ke depannya pihaknya bisa menyosialisasikan lagi terkait P4GN ini, entah itu kepada siswa maupun ke orang tua, dan ia juga berharap ke depan ada pendampingan yang lebih komprehensif lagi dari pihak BNN, agar kegiatan Bersinar ini lebih membumi di sekolahnya.

Dalam acara ini juga dilaksanakan penyerahan SK desa/kelurahan tangguh Bersih Narkoba (Bersinar), Sekolah Bersinar, dan Perusahaan Swasta Bersinar.

Berikut desa, kelurahan, sekolah, hingga perusahaan swasta yang mendapatkan SK Bersinar pada tahun 2024 :
– Desa/Kelurahan
1. Desa Haruman Kecamatan Leles
2. Desa Cibatu Kecamatan Cibatu
3. Desa Limbangan Timur Kecamatan Limbangan
4. Desa Sukaratu Kecamatan Banyuresmi
5. Desa Tanjungsari Kecamatan Karangpawitan
6. Desa Samarang Kecamatan Samarang
7. Desa Cinta Asih Kecamatan Samarang
8. Desa Tanjung Kamuning Kecamatan Tarogong Kaler
9. Desa Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler
10. Desa Cirapuhan Kecamatan Selaawi
11. Desa Linggamanik Kecamatan Cikelet
12. Desa Pameungpeuk Kecamatan Pameungpeuk
13. Desa Hegarmanah Kecamatan Bungbulang
14. Desa Citangtu Kecamatan Pangatikan
15. Kelurahan Pakuwon Kecamatan Garut Kota
16. Kelurahan Jayawaras Kecamatan Tarogong Kidul
– Sekolah
1. SMAN 6 Garut
2. SMAN 11 Garut
3. SMAN 15 Garut
4. SMKN 2 Garut
5. SMKS Al-Farisi
6. SMKS YPPT
7. MAN 2 Garut
8. SMPN 2 Garut
9. MTsN 1 Garut
10. SDIT Darul Abror Garut
11. Yayasan Persis Tarogong
12. Yayasan Daeul Arqam
– Perusahaan
1. PT. Changshin Reksa Jaya
2. PT. Hoga Reksa Garment
3. PT. Daux Cosmetic
4. PT. Danbi International
4. PT. Pratama Abadi Industri