Pelantikan Pengurus Komisariat PMII STAI Siliwangi Garut : Sahabat Misbah Sebagai Ketua Terpilih

Berita221 Dilihat

 

Garut,Sinarpriangan News 

Pada hari Minggu 9 Juni 2024 Pelantikan Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) STAI Siliwangi Garut telah resmi dilantik dalam sebuah acara yang berlangsung khidmat di Gedung LABKESDA Garut. Sahabat Misbah, mahasiswa yang dikenal aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan dan sosial terpilih sebagai Ketua Komisariat PMII STAI Siliwangi yang baru. Senin 10 Juni 2024

Acara pelantikan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars PMII. Suasana menjadi semakin khidmat ketika prosesi pelantikan dimulai, dengan dihadiri oleh para pengurus cabang PMII Garut, perwakilan dari berbagai Komisariat PMII Yang ada di kabupaten garut serta tamu undangan dari KNPI Kecamatan Leles dan organisasi kemahasiswaan lainnya.

Ketua Cabang PMII Garut, Sahabat M Ihsan Qomarul Hayat, memimpin langsung Prosesi Pelantikan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan agar pengurus baru dapat menjalankan amanah dengan baik dan terus berkontribusi dalam pengembangan organisasi serta pemberdayaan mahasiswa.

Sahabat Ihsan juga memberikan sambutan yang penuh motivasi. Beliau menekankan pentingnya melanjutkan keberhasilan kepengurusan sebelumnya sebagai tolak ukur bagi kesuksesan ke depan.

“Kepengurusan yang baru harus dapat melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan secara berkala. Kita harus bisa menunjukkan bahwa mahasiswa bukan hanya di lebel sebagai agen of Change, Agen of Sosial Control dalam slogan semata, tetapi harus berupaya nyata dalam menjalankan peran dan fungsinya di tengah masyarakat. Keberhasilan kepengurusan sebelumnya adalah cermin dan tolok ukur bagi kita semua,” tegas Sahabat Ihsan.

Dilanjut Dalam pidato perdananya sebagai Ketua Komisariat, Sahabat Misbah mengungkapkan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia menegaskan komitmennya untuk membawa PMII STAI Siliwangi menjadi lebih aktif dan inovatif dalam menjalankan program-program kerja yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat.

Dimulai dengan bahasan Tema dalam Pelantikan yang bernarasikan “Manipestasi Nilai Gerak Melalui Hilirisasi Kader” Sahabat Misbah Menjelaskan “Bahwa tema Tersebut Memiliki makna yang sangat luas dan strategis dimana tema ini menekankan kita pentingnya menanamkan nilai-nilai PMII dan Pengembangan Kader yang berkelanjutan” ujarnya.

Dilanjut dengan suatu harapan yang juga disampaikan dalam sambutanya, sahabat misbah menyampaikan “Harapannya PMII Komisariat STAI Siliwangi bisa semakin kreatip lagi, bisa semakin aktif lagi, dapat berkolaboradi dengan seluruh kemisariat yang ada di Garut”

“Visi saya adalah menjadikan PMII STAI Siliwangi sebagai wadah yang tidak hanya fokus pada pengembangan intelektual, tetapi juga pada penguatan karakter dan jiwa sosial mahasiswa. Kami akan bekerja keras untuk menciptakan berbagai program yang dapat memberdayakan mahasiswa serta memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar,” ujar Sahabat Misbah.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kecamatan Leles, turut memberikan sambutannya. Beliau berharap agar pengurus baru PMII STAI Siliwangi dapat bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat dan organisasi kepemudaan lainnya.

“Kami dari KNPI sangat berharap PMII STAI Siliwangi dapat bersinergi dengan semua pihak dalam upaya membangun Kabupaten Garut. Nilai gotong royong sangat amat penting dalam mencapai tujuan bersama. Dengan bersatu dan saling mendukung, kita dapat membawa perubahan yang lebih baik bagi daerah kita,” ujarnya.

Pengurus baru PMII STAI Siliwangi telah menyiapkan berbagai program kerja unggulan yang diharapkan dapat mengakselerasi pencapaian visi dan misi organisasi. Beberapa program yang akan menjadi fokus utama antara lain:

1. *Penguatan Kaderisasi:* Melalui pelatihan dan workshop yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan keterampilan anggota PMII.
2. *Pengabdian Masyarakat:* Program yang akan berfokus pada kegiatan sosial, seperti bakti sosial, pendidikan masyarakat, dan kampanye lingkungan.
3. *Pengembangan Intelektual:* Seminar, diskusi, dan kajian rutin untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan anggota.
4. *Kolaborasi dan Sinergi:* Membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk instansi pendidikan, organisasi kemasyarakatan, dan pemerintah daerah.

Acara pelantikan ditutup dengan Tampilan Seni Budaya lalu disambung doa bersama dan sesi foto bersama para pengurus baru dan tamu undangan. Para peserta berharap agar kepengurusan yang baru dapat membawa perubahan positif dan terus berjuang demi kemajuan PMII.

“Semoga pengurus yang baru dapat menjalankan tugasnya dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Kami siap mendukung setiap langkah dan program yang akan dijalankan,” ungkap salah satu Kader PMII dari Komisariat Lain yang hadir dalam acara tersebut.

Dengan semangat baru dan komitmen yang kuat, PMII STAI Siliwangi di bawah kepemimpinan Sahabat Misbah diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan mahasiswa dan masyarakat Garut.

Pewarta :

Ajay/Fithri