Opak Bungbulang, Cemilan Khas Kabupaten Garut

Berita, Ekonomi536 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com Bungbulang adalah salah satu kecamatan  di kabupaten Garut, Jawa Barat. Selama ini Bungbulang memiliki banyak makanan khas salah satunya adalah  opak Bungbulang.

Bentuk dan tekstur opak Bungbulang  sangat berbeda dengan opak-opak daerah lainnya, khusnya dari citarasanya yang lebih original. Oleh karena itulah opak Bungbulang ini sangat banyak diminiti oleh semua kalangan,bahkan sampai menembus pasar luar jawa .

Jika berbicara tentang bahan pastinya opak Bungbulang terbuat dari beras ketan pilihan,kualitas premium.Sesudah dicuci dengan bersih beras ketan itu lalu dimasak setengah matang dengan kadar air secukupnya/sesuai takaran.Dengan begitu adonannya tidak jadi lembek.Lalu ketan itu kemudian dimasak hingga menjadi nasi.Setelah menjadi nasi bahan opak ini kemudian ditumbuk di jubleg  memakai alu/alat tumbuk yang sudah dililit tambang erpin agar adonan tidak melekat/nempel di alu.Dalam proses ini,adonan dibumbui garam secukupnya dan diberi santan yang sudah dimasak sampai mendidih dan mengental agar rasanya kegurih-gurihan.

Opak bungbulang sampai saat ini menggunakan cara yang tradisional,tanpa bahan pengawet dan dibuat langsung secara manual.Adonan kemudian dibentuk menjadi bulat sesuai yang diinginkan,kemudian di bentuk menjadi opak dan digepeng/dipres  lalu dibulatkan dengan selobong bambu yang terbungkus plastik.

Setelah dibulatkan opak mentah itu lalu dijemur dibawah sinarmatahari dengan alas tampah bambu atau orang sunda menyebutnya dengan istilah nyiru/ayakan/cecempeh. Apabila cuaca mendung/hujan, opak bisa dijemur/dikeringkan dengan alternatif  lain yaitu di open dengan suhu api sedang.Opak yang sudah kering disebut babanggi. Babanggi / opak kering selanjutnya ditusuk dengan kawat yang bersih dan dipanggang diatas arang api,cara membakarnya persis membakar sate harus dibolak – balik  agar matangnya merata.Jika sudah menguning dan mengembang tandanya opak sudah matang dan siap dimakan.

Opak Bungbulang memiliki rasa yang  enak dan renyah selain di jadikan cemilan keluarga opak Bubgbulang juga sering dijadikan suguhan diacara hajatan atau pesta. Jika anda ingin melihat langsung cara pembuatan opak Bungbulang ini , anda dapat datang langsung ke Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut Jawa Barat.

 

baca juga:

 

 

Kades Pasirwangi H Ayi Manfaatkan DBH untuk Bangun Jalan dan UMKM

 

Kades Pasirwangi Ayi Sutisna Klarifikasi Soal Rumor Penerapan Dana Desa

 

Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Garut Ajak Semua Pihak Luangkan 1 Hari Untuk Latihan