KPU Kabupaten Garut Gelar Training Fasilitator PPK dan PPS untuk Memantapkan Persiapan Pemilu 2024

langkah strategis untuk memastikan kualitas penyelenggaraan Pemilu 2024

Pemerintahan, Politik591 Dilihat

 

Garut.Sinarpriangan News

KPU Kabupaten Garut secara serius memantapkan persiapannya menyambut Pemilu 2024 dengan menggelar Training of Trainer (ToT) Fasilitator untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 22-23 Januari 2024, di Hotel Santika Garut, bertujuan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para penyelenggara pemilu. Rabu 24 Januari 2024

Ketua KPU Kabupaten Garut menjelaskan bahwa ToT ini merupakan langkah strategis untuk memastikan kualitas penyelenggaraan Pemilu 2024. “Kegiatan ini bertujuan memperkuat dan meningkatkan keterampilan anggota PPK dan PPS agar dapat menjadi fasilitator yang efektif dalam melatih rekan-rekan di Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Tujuannya agar semua pihak yang terlibat dalam pemilu memiliki pemahaman dan keterampilan yang diperlukan,” ujarnya.

Para fasilitator yang mengikuti kegiatan ini bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan teknis kepada PPK dan PPS. Materi pelatihan mencakup prosedur pengelolaan surat suara, tata cara penghitungan suara, dan penanganan situasi darurat selama pemungutan suara.

KPU Garut juga mengumumkan rencananya untuk melantik anggota KPPS se-kabupaten Garut pada tanggal 25 Januari. Acara pelantikan ini akan dirangkai dengan agenda penanaman pohon di mana setiap TPS diwajibkan menanam satu pohon. “Kami ingin menanamkan semangat penghijauan saat pelantikan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan,” ungkap Ketua KPU.

Selain aspek teknis, peserta juga mendapatkan pemahaman mendalam tentang kode etik dan norma yang harus dipegang teguh dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu. “Kami bertekad menjadikan pemilu ini sebagai contoh keberhasilan penyelenggaraan yang demokratis dan transparan,” tambahnya.

Sesi tanya jawab dan diskusi interaktif menjadi bagian penting dalam acara tersebut, memastikan bahwa setiap peserta benar-benar memahami materi yang diajarkan dan siap mengaplikasikannya dengan baik dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas kesuksesan Pemilu 2024 di Kabupaten Garut, KPU Kabupaten Garut berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas seluruh penyelenggara pemilu. Dengan demikian, diharapkan proses pemungutan suara dapat berjalan lancar dan hasilnya mencerminkan kehendak rakyat secara adil dan transparan.

 

Pewarta:

Alfatih