Kebakaran Melanda Gunung Papandayan, BPBD Turun Langsung

Berita116 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Sebuah kebakaran melanda Blok Tegal Alun di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut pada Minggu (22/10/2023). Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Aah Anwar Saepuloh, mengonfirmasi kejadian ini, menyatakan bahwa lokasi kebakaran berada di jalur puncak Gunung Papandayan yang jauh dari pemukiman warga.

Blok Tegal Alun, yang terkena dampak kebakaran, didominasi oleh vegetasi pohon dan semak-semak. BPBD Kabupaten Garut telah melakukan asesmen lokasi dan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Gunung Papandayan. Namun, karena lokasinya sulit dijangkau, upaya pemadaman dilakukan secara manual menggunakan jet suter, tidak dapat menggunakan kendaraan dari Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut.

“Kami juga memantau area yang terbakar dari bawah untuk mencegah penyebaran yang lebih luas,” ungkap Aah dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/10/2023)

Hingga pukul 22.45 WIB pada hari yang sama, api masih menyala, dan petugas terus berusaha melakukan upaya pemadaman. Penanganan kebakaran ini juga melibatkan bantuan dari TNI, Polri, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cisurupan, BKSD, Tagana Dinsos Garut, Disdamkar Garut, PT. AIL Gunung Papandayan, Resort Gunung Papandayan, serta relawan lainnya.

 

Baca Juga :

Peran serta The little cake pada Seminar “pemanfaatan media sosial dalam perkembangan kuliner khas daerah” oleh Gen Sat set

 

Bupati Garut Jadi Irup Dalam Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023

 

Di Momen Hari Sumpah Pemuda Pelita Intan Muda Gelar Acara Seminar Sepesial