Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Sekolah Tinggi Hukum Garut, Menggelar Kegiatan Halalbihalal

HMI Komisariat STH Garut Kuatkan Tali Silaturahmi

Pendidikan193 Dilihat

Garut,Sinarpriangan.Com-

Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Sekolah Tinggi Hukum Garut menggelar kegiatan halalbihalal. Kamis 4 Mei 2023

Dengan adanya acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan kelancaran komunikasi dan silaturahmi antar kader sebagai keluarga besar Himpunan Mahasiswa Islam(HMI)komisariat Sekolah Tinggi Hukum(STH)Garut, sekaligus juga menjaga dan merawat nilai-nilai ke Islaman. Dengan tema “temu kangen serta mempererat tali silaturahmi”

Adapun acara yang di gelar Oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Sekolah Tinggi Hukum (STH)Garut, Beralamat di Vila Guntur Sari Jalan Ibrahim Aji, 2 Mei 2023.

Dalam sambutannya Yani Saepul Malik ketua umum Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Sekolah Tinggi Hukum Garut menyebutkan kontek halal Bihalal ini bukan hanya tentang saling memaafkan satu sama lain akan tetapi untuk merawat tali persaudaraan agar lebih kokoh serta mampu mengedepankan asas kekeluargaan di tubuh HMI Komisariat STH-Garut, makna dari halal bihalal ini adalah “Halla atau Halalaā€¯ yang artinya, bisa jadi penyelesaian masalah (kesulitan), meluruskan benang kusut, mencairkan yang beku, atau melepaskan ikatan yang membelenggu. Berkaitan dengan itu demi keberjalanan roda organisasi jika memang banyak yang kusut harus secepatnya lurus kembali yang beku cepatlah mencair dan yang membelenggu segeralah lepaskan belenggu tersebut” ucapnya.

Setelah selesai ketua umum sambutannya dilanjutkan dengan acara Wejangan oleh Demisioner ketua umum HMI Komisariat STH-Garut sekaligus Bendahara Umum HMI Cabang Garut periode 2023-2024 Yusup Saepul Hayat, S.H. Dalam acara muhalalah tersebut, menyampaikan bahwa intisari dari kehidupan bersosial adalah saling memaafkan antara satu sama lain, karena sejatinya orang yang bangkrut itu ialah orang yang bermesraan dengan tuhan (habluminallah) namun gagal dalam berhubungan baik dengan manusia (habluminannas) sebagaimana yang diajarkan Rasulullah kepada para sahabatnya.Selain itu, Yusup juga menyampaikan “dalam persepektif ke-HMIan, menjaga hubungan baik antara sesama manusia itu ditekankan dalam NDP yang menjadi madzhab nalar pergerakan bagi kader HMI., sehingga saya menekan solidaritas dan persaudaraan sesama keluarga besar HMI komisariat STHG harus lebih terjalin secara mesra “ujarnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh HMI Komisariat STH-Garut ini berjalan dengan lancar serta antusias dari kader-kaderpun nampak menghadiri dari mulai angkatan pertama sampai kader yang baru, harapan harapanpun bermunculan dari beberapa kader yang turut hadir, yang memberikan tanggapan bahwa habluminanas dan habluminallah harus terus tertanam dalam diri setiap manusia khususnya kader HMI Komisariat STH-Garut karena itu sudah menjadi tanggung jawab serta kewajiban sebagai manusia. Dan juga masukan untuk keberjalanan program – program HMI Komisariat Sekolah Tinggi Hukum Garut selanjutnya.” Pungkasnya