Bupati Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2023

Berita389 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Bupati Garut, Rudy Gunawan memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2023 yang dilaksanakan di Alun-Alun Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (17/4/2023).

Bupati Garut menyampaikan, menjelang mudik lebaran tahun 2023, pihaknya telah bekerja sama dengan Polres Garut melakukan pemetaan terkait pengamanan arus mudik. Ia memaparkan, bahwa pengamanan arus mudik Kabupaten Garut pada tahun ini, berada di bawah tanggung jawab Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Garut.

“Kita backup semua pimpinan daerah, jadi pengamanan itu satu pintu, pengendalian itu kan perencanaan sudah, bahkan dalam rakor kemarin, apa melakukan apa, tanggung jawabnya apa, titik-titiknya ini sudah lengkap sekali,” ucapnya.

Ia memaparkan, bahwa seluruh persiapan menjelang arus mudik di tahun ini secara lengkap sudah dilaksanakan, termasuk penyiapan rest area di Kabupaten Garut.

“Jadi kita sudah lengkap sekali, tidak ada yang terlupakan, termasuk penyiapan tempat-tempat untuk rest area itu di semua Kantor Polsek, Kantor Kecamatan yang dilalui ya, termasuk juga Kantor Koramil, dan Puskesmas juga sudah dilakukan dengan baik. Insha Allah kita tinggal menerima kunjungan saja,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Garut, AKBP Rio Wahyu Anggoro, menyampaikan, jumlah pasukan pengamanan arus mudik di tahun 2023 sekira 2.000 pasukan, terdiri dari 941 anggota Polri, yang dibantu oleh TNI, pemerintah daerah, dan stakeholder lainnya.

“Itu kan tersebar di 44 pospam, pos gatur, pos wisata, pos pelayanan, dan lain sebagainya, yang telah kita bangun yang akan beroperasi sampai tanggal 9 Mei. Kalau operasinya sendiri ditutup tanggal 1, kita memperpanjang satu minggu lagi kedepan karena kita ada tempat wisata yang ada di selatan, di tengah kota, maupun di Cipanas dan sebagainya,” tuturnya.

Selain itu, Kapolres Garut juga meminta agar seluruh lapisan masyarakat untuk bisa mendukung operasi ketupat lodaya dengan baik, dimana pengunjung Kabupaten Garut mengalami kenaikan sebanyak 45% atau sebanyak 1,65 diprediksi akan berkunjung ke Kabupaten Garut untuk berwisata.

“Ini merupakan suatu keberhasilan yang di mana Bupati kita bisa membuat wisata semakin berkembang, oleh sebab itu saya mohon kepada seluruh lapisan masyarakat mari sama-sama menjaga Kabupaten Garut tercinta ini dengan baik,” tandasnya.

baca juga:

Bupati Garut Saksikan Pemusnahan 200 Knalpot Brong hingga 8 Ribu lebih Botol Miras

 

Peringati Hari Kartini ke-144 dan HUT GOW ke-69 Tingkat Kabupaten Garut Berlangsung Sederhana