BELANTARA UNIGA Berhasil Mengarungi Hulu Sungai Cimanuk Sepanjang 30 Kilometer

Berita1007 Dilihat

GARUT, Sinarpriangan.com – Dengan proses perencanaan yang cukup memakan waktu, Tim BELANTARA yang merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam (UKM PA) di Fakultas Pertanian Universitas Garut (UNIGA), akhirnya berhasil mengarungi Hulu Sungai Cimanuk, pada kegiatan Hulu Cimanuk Expedition 2024.

Tim BELANTARA berhasil mengarungi hulu sungai Cimanuk sepanjang 30 kilometer.

Dalam pelepasan sendiri langsung dilakukan oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Universitas Garut, Siti Syarah Maesyaroh.,SP.,MP pada 23 Februari 2024.

Tentunya ekspedisi Hulu Sungai Cimanuk ini menjadi momen yang sangat berharga karena semua persiapan dan semangat yang selalu dipupuk cukup panjang akhirnya menemui tahap pelaksanaan, sekaligus mendebarkan karena ekspedisi ini memiliki risiko dan bahaya yang sangat tinggi.

Yang mengikuti ekpedisi hulu Sungai Cimanuk ini sebanyak 10 Orang Pengarung, yang diketuai oleh saudara Hilman.

Adapun titik awal dilaksanakan di Jembatan Cimanuk Cibuluh Kecamatan Cikajang dan berakhir di Jembatan Cimanuk Maktal Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut.

“Hulu Cimanuk Expedition 2024, merupakan bagian dari program kerja Divisi ORAD (Olah Raga Arus Deras) UKM PA BELANTARA, dimana ada tiga tujuan utama yaitu pertama, Perintisan jalur ORAD terutama di bagian hulu Sungai Cimanuk, kedua sebagai sarana Pendataan dan Pemetaan Hulu Sungai Cimanuk, dan tujuan yang ketiga adalah merupakan sarana kampanye lingkungan terutama mengenai kesadaran dalam menjaga ekosistem perairan di Sungai Cimanuk,” Papar Rama Dwisiwanto yang merupakan Ketua Adat dari UKM PA BELANTARA Fakutas Pertanian Universitas Garut.

Kegiatan Hulu Cimanuk Expedition 2024 ini dilaksanakan selama 3 hari, yaitu di mulai pada tanggal 23 Februari sampai dengan 25 Februari 2024, dimana ada dua tahapan yang laksanakan, hari pertama merupakan pendataan jalur dan dua hari selanjutnya merupakan bagian Pengarungan.

“Semoga kedepan Kegiatan Ekpedisi seperti ini Bisa lebih meluas, sesuai dengan hakikat Tri Dharma Perguruan Tinggi, bahwa setiap kegiatan BELANTARA harus memiliki tiga unsur, yaitu unsur Pendidikan, Penelitian Pengembangan, dan Pengadian kepada Masuarakat,” Ujar Dede Usman Pendiri UKM BELANTARA yang Selaku Pembina Upacara Penutupan Hulu Cimanuk Expedition 2024.(*)

baca juga: Ketua SEMMI Kab. Bandung Titipkan Pesan Untuk Pj Bupati Bandung.

baca juga: Belantara UNIGA Mengarungi Hulu Sungai Cimanuk Sampai ke Maktal, dalam Kegiatan Hulu Cimanuk Expedition 2024

baca juga: BELANTARA Fakultas Pertanian UNIGA Berhasil Mengarungi Hulu Sungai Cimanuk

baca juga: Peserta KKN Tematik UNIGA Diminta Berikan Solusi dengan Pemikirannya