Antisipasi Kendaraan Melebihi Muatan Dan Kapasitas Saat Berkendara Sat Lantas Polres Garut Hadirkan Inovasi Baru

Hukum, Pemerintahan105 Dilihat

 

Garut,Sinarpriangan News 

Sat Lantas Polres Garut hadirkan inovasi baru yakni alat ukur timbang portable dalam rangka Operasi Keselamatan Lodaya 2024. Kamis (07/03/2024)

Dalam Operasi Keselamatan Lodaya 2024 Sat Lantas Polres Garut bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Garut yang mana titik lokasi operasi berada di wilayah jalan Raya Kadungora – Bandung.

Dimana alat ukur timbang ini bertujuan untuk mengukur beban daya angkut khususnya kendaraan sumbu 3 (tiga) untuk mengetahui kapasitas muatan agar tidak terjadi over dimensi dan over load.

Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K, M.Si, melalui Kasat Lantas IPTU Aang Andi Suhandi, S.A.P., mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka Operasi Keselamatan Lodaya 2024 yang mana hasil analisis dan evaluasi pihaknya berfokus di titik jalan Kadungora sampai Tarogong.

“Jalan dari Kadungora sampai dengan Tarogong banyak turunan ataupun tanjakan yang terjal, jadi kita fokuskan dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Lodaya 2024 disini,”kata Aang.

Dengan adanya Operasi Keselamatan Lodaya 2024 ini, ia berharap para pengusaha ataupun pengemudi khususnya kendaraan sumbu tiga bisa memperkirakan muatan yang dibawa tidak melebihi kapasitas kendaraan agar tidak terjadi hambatan saat di tanjakan ataupun turunan khususnya di jalan Kadungora -Bandung tepatnya di jalan Lebak Jero.

“Sanksi bagi yang melanggar, kami telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten maupun Kementerian apabila melanggar over dimensi over load akan dikenakan tilang.” tandas Aang.

 

Pewarta:

Dede Mulyana